Mohon tunggu...
Muchammad Nasrul Hamzah
Muchammad Nasrul Hamzah Mohon Tunggu... Penulis - Asli

Penulis

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Lagu Film India Era Tahun 90-an: Terbaik Sepanjang Masa

10 Januari 2021   12:54 Diperbarui: 10 Januari 2021   13:10 1051 9 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lagu Film India Era Tahun 90-an: Terbaik Sepanjang Masa
Adegan Lagu Film Dilwale Dulhania Le Jayenge (Foto: via fimela.com) 

Saya tidak menemukan adegan se romantis saat Shah Rukh Khan dan Kajol memainkan peran dalam lagu "Tujhe Dekha To" dalam film Dilwale Dulhania Le Jayenge. Lagu ini merupakan andalan dalam soundtrack film yang cukup menggemparkan publik pecinta film India kala itu. Suara renyah dari penyanyi kenamaan Kumar Sanu ditambah dengan lengkingan maut vokalis wanita legendaris India, Latta Mangeshkar membuat lagu ini cukup dikenang sepanjang masa.

Begitu pula saat lagu "Jiye to Jiye Kaise" dari film "Saajan" yang dinyanyikan dalam tiga versi yakni oleh Kumar Sanu, SP Balasubramaniam dan juga Anuradha Paudwal menggegerkan dunia musik di Indonesia.

Lagu khas dari film yang diperankan Sanjay Dutt dan Salman Khan itu bahkan sampai dibeli hak-nya oleh Raja Dangdut Rhoma Irama sebelum digubah dalam Bahasa Indonesia dengan judul "Shifana".

Satu lagu favorit saya " Rah Mein Unsee Mulaqat ho" dari film Vijay Path yang diperankan oleh Ajay Devgan dan Tabu juga tak bosan saya dengarkan sampai pada tahun 2021 ini.

Tiga contoh di atas adalah bagaimana lagu dalam film India pada tahun 1990-an mampu menyihir para penggemar untuk tetap setia mendengarka meski usianya sudah puluhan tahun lalu. Alasannya sederhana saja.

Pada era tahun 90-an Lagu-lagu dalam film India cukup merdu, dan memiliki ciri khas akan negeri Sungai Gangga itu. Namun, semua itu memudar ketika memasuki era tahun 2000-an. Nada-nada indah khas Bollywood tak lagi memanjakan telinga ketika kita menonton film India hingga saat ini.

Perkembangan yang cukup pesat dalam film India telah banyak mengubah genre musik dalam soundtrack di film India. Kita tak lagi menemukan bagaimana menjiwai Kumar Sanu dalam menyanyikan seluru lagu yang ia bawakan. Atau juga tak lagi menemukan cengkok khas ala Alka Yagnik dan Anuradha Paudwal pada saat ini. Pun suara emas Udit Narayan juga tak lagi menghiasi adegan romantis dalam film India.

Tahun 2010, menjadi tonggak dimana film India sudah memasukkan banyak genre dalam musik mereka sehingga, minim sekali nada-nada khas yang mereka banggakan selama ini sebagai soundtrack. Era tahun 1990-an bagi pecinta film India adalah masa-masa keemasan bagi soundtraknya. Penulis mencatat ada banyak lagu luar biasa tercipta pada tentang tahun 1990 hingga memasuki awal tahun 2000.

Kondisi itu tidak penulis temui ketika pada Lagu-lagu Bollywood era tahun 1980-an, meskipun ada beberapa lagu yang cukup ikonik dan dikenang, akan tetapi jumlahnya tak sebanyak tahun 1990-an. Alasannya, mungkin pada saat itu, Lagu-lagu barat yang bisa saja menjadi kiblat para musisi India cukup kental dengan irama-irama yang indah di telinga sehingga mereka terinspirasi menjadikan melodi demi melodi untuk memikat hati pendengar.

Misalnya, pada tahun 1990 an film berjudul "Akeleh Hum Akele Tum" banyak terinspirasi beberapa judul lagu barat yang sedikit ada penambahan aransemen oleh komposer nya. Lagu "Dil Mera Chura ya Kyun" dalam film itu disebut terilhami dari lagu Barat berjudul "Last Christmas". Beberapa orang yang berpandangan lain menyebut pencipta lagunya memplagiasi lagu yang dibawakan oleh Wham! itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x