Mohon tunggu...
Muashofa Efida
Muashofa Efida Mohon Tunggu... Guru - Guru

Saya adalah seorang guru yang menekuni kepenulisan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Menumbuhkan Jiwa Wirausaha sejak Dini Melalui Kidspreneur

24 November 2022   21:05 Diperbarui: 24 November 2022   21:09 108 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kelas 2 Umar Bin Khattab (Sumber: Dok.Pribadi)

Kemandirian ekonomi sangat penting dimiliki oleh setiap manusia. Langkah untuk mencapai kemandirian ekonomi melalui bekerja atau menciptakan lapangan pekerjaan. Semakin tinggi derajat kemandirian ekonomi maka akan mendukung tercapainya stabilitas ekonomi nasional.

Pada umumnya kemandirian ekonomi akan terbentuk pada usia produktif. Namun tidak menutup kemungkinan apabila kemandirian ekonomi seseorang dicapai di kala belum memasuki usia produktif. Lingkungan sangat mempengaruhi pola pikir seseorang, utamanya dunia pendidikan. Oleh karena itu diperlukan inovasi-inovasi baru dalam dunia pendidikan untuk melahirkan manusia yang cerdas, mandiri, dan berkarakter.

Seorang wirausahawan mampu menciptakan kemandirian ekonomi untuk dirinya sendiri maupun lingkungan sekitar. Kewirausahaan adalah materi esensial yang diberikan dalam satuan pendidikan. Skill berwirausaha perlu diperkenalkan sejak dini, yaitu pada pendidikan tingkat dasar. Pembelajaran ini akan berdampak kepada mereka, utamanya ketika memasuki usia produktif.

Bazar Kelas 2 (Sumber: Dok.Pribadi)
Bazar Kelas 2 (Sumber: Dok.Pribadi)

Pembelajaran kewirausahaan dapat dikemas dalam pembelajaran yang menyenangkan dan terdapat unsur bermain. Seperti yang telah dilakukan oleh SD Muhammadiyah 1 Krembung, Sidoarjo, kewirausahaan mulai diperkenalkan kepada siswanya melalui Kidspreneur, yaitu pembelajaran kewirausahaan  sejak dini yang ditujukan untuk siswa SD Muhammadiyah 1 Krembung.

Di bawah tangan lembut ibu Okta Fiani Wulan Saputri, siswa kelas 2 SD Muhammadiyah 1 Krembung belajar kewirausahan. Pembelajaran dilakukan secara team teaching, bersama ibu Rindi Kusuma Putri sebagai shadow teacher. Sesekali ibu Yufi Aulia Azmi berkolaborasi untuk mendukung kesuksesan pembelajaran. SD Muhammadiyah 1 Krembung tercatat sebagai SD inklusi. Keberadaan shadow teacher sangat menunjang proses dan kesuksesan pembelajaran.

Pembelajaran kewirausahaan yang pernah dilaksanakan siswa SD Muhammadiyah 1 Krembung adalah bazar dan pembuatan produk minuman sehat. Bazar mampu mengaktifkan kemampuan kognitif siswa terkait jual beli. Hal ini terkait produk yang memenuhi target pasar, harga jual produk, dan bagaimana mereka berinteraksi dengan pembeli. Sedangkan pembuatan produk akan menstimulasi skill siswa dalam berinovasi menghasilkan produk.

Produk Minuman Sehat (Sumber: Dok.Pribadi)
Produk Minuman Sehat (Sumber: Dok.Pribadi)

Pembuatan produk minuman sehat adalah pembelajaran yang masuk dalam tema makanan dan minuman. Ibu Okta Fiani Wulan Saputri yang akrab dipanggil bu Okta ini merancang pembelajaran dengan tujuan supaya siswa SD Muhammadiyah 1 Krembung menjadi kreatif dan inovatif dalam akademik dan praktik kewirausahaan. Selain itu juga untuk meningkatkan wawasan kewirausahaan anak, serta melatih konsentrasi dan daya ingat.

Pembuatan minuman sehat sangat sederhana dan menggunakan bahan-bahan yang mudah dicari di pasaran, yaitu strawberry, susu, susu fermentasi, dan air. Prosesnya dimulai dengan menghancurkan strawberry menggunakan garpu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan