Mohon tunggu...
Muara Alatas Marbun
Muara Alatas Marbun Mohon Tunggu... Guru - Alumni U Pe' I

Seorang lulusan yang sudah memperoleh pekerjaan dengan cara yang layak, bukan dengan "orang dalem", apalagi dengan "daleman orang"

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Best 11 FIFA World Cup 2022 Fase Grup yang Kedua

30 November 2022   19:59 Diperbarui: 30 November 2022   20:09 766
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Timnas Maroko Merayakan Kemenangan. Sumber gambar: https://twitter.com/SeputarMadrid

Tulisan berikut merupakan opini pribadi dari penulis, bukan rilis resmi dari pihak FIFA maupun pihak Penyelenggara Piala Dunia 2022 di Qatar

Rasa syukur terpancar dari tim-tim yang sudah nyata lolos ke fase selanjutnya, berbeda dengan grup lain yang masih deg-degan dan berharap pada fase ketiga. Kita melihat kejutan dari tim-tim Afrika yang nyata bersaing menghadapi raja-raja sepakbola yang dominan berasal dari "Benua Biru". Kemenangan Maroko atas Belgia menjadi yang paling menyita perhatian pada fase kedua penyisihan grup Piala Dunia 2022 di Qatar.

Sebelumnya, sudah ada tulisan yang serupa namun berdasarkan pada hasil dari fase pertama penyisihan grup, jadi pada tulisan ini bisa saja ada yang tersingkir, bertahan, atau malah terombak ulang karena fase kedua menyajikan kejutan dengan rasa berbeda. Untuk itu kepada pembaca agar tidak diambil hati tapi anggap saja sebagai berbagi opini. Kehadiran mereka pada "Best 11" ini bisa jadi karena memang kualitas baik mereka patut diganjar dengan apresiasi pada tulisan berikut.

Selanjutnya adalah daftar 11 pemain beserta 1 pelatih terbaik pada fase kedua penyisihan grup Piala Dunia 2022:

1. Wojciech Szczsny (Polandia)

Wojciech Szczesny. Sumber gambar: diariodeportes.com.co/futbol-internacional
Wojciech Szczesny. Sumber gambar: diariodeportes.com.co/futbol-internacional

Ketenangan.
Itulah kunci keberhasilan Szczesny menjaga gawang timnas Polandia dari gempuran tim lawan yang baru saja pesta pora merayakan kemenangan atas Argentina seakan itu setara dengan juara Piala Dunia. Jika kalian melihat pertandingannya di babak pertama, Szczesny terlihat cukup tenang dengan melakukan berbagai penyelamatan dan tidak terlalu bereaksi berlebihan. Puncaknya ketika dia berhasil menepis penalti dari Salem Al-Dawsari dengan tenang seakan sudah tahu belokan hasil tendangannya mengarah ke kanan dirinya.

Babak kedua, dia bermain seperti biasanya tanpa berimprovisasi lebih dan menikmati kemenagan 2-0 bersama timnas Polandia.

2. Jordi Alba (Spanyol)

Jordi Alba. Sumber gambar: www.90min.com/posts
Jordi Alba. Sumber gambar: www.90min.com/posts

Berbeda dengan Piala Eropa Tahun 2012, Jordi Alba bukan lagi seorang wonder boy tapi menjadi batu penjuru bagi pertahanan dan kedalaman sisi kiri dari Timnas Spanyol. Bek Kiri Barcelona FC tersebut beraksi dengan disiplin dan merepotkan pemain sisi timnas Jerman. Tidak berhenti sampai di situ, Alba memberikan umpan yang begitu manis didapatkan oleh Alvaro Morata untuk diubah menjadi gol bagi La Furia Roja.

3. Romain Saiss (Maroko)

Romain Saiss. Sumber gambar: James Williamson/GETTY IMAGES
Romain Saiss. Sumber gambar: James Williamson/GETTY IMAGES

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun