Mohon tunggu...
Sepeda
Sepeda Mohon Tunggu... Sepeda Enthusiast

Mari kita saling berbagi, lebih mengenal dan mengerti tentang sepeda, dan yang lebih penting lagi bisa mengajak semua bersepeda.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Jalur Sepeda di Indonesia

19 September 2019   15:03 Diperbarui: 19 September 2019   15:21 0 0 0 Mohon Tunggu...

Jika kalian memiliki hobi bersepeda, maka artikel kali ini akan sangat berguna. Karena pada kesempatan kali ini kita akan membahas jalur sepeda yang sangat terkenal di Indonesia.  Tentu saja jalur ini sangat asik untuk dijamah untuk para pesepeda MTB. Karena memang trek yang akan dilalui sangat cocok untuk jenis sepeda ini. Namun tentu tidak memungkiri juga akan sangat cocok untuk sepeda dengan jenis sepeda gunung.

Jika menggunakan jalur sepeda yang cukup ekstrem memang akan memacu adrenalin kita. Tidak hanya itu, namun juga akan menambah gengsi kita untuk bersepeda. Apalagi jalur yang akan kita bahas kali ini adalah jalur yang memiliki pemandangan yang tidak hanya indah, namun indah sekali. Maka langsung saja kita bahas satu persatu.

  • Jalur Cihuni Tangerang
    Jalur yang terletak di desa Cijantra, dengan sebutan lain gunung batu. Dengan panjang jalur sekitar 4 km ini kita akan menikmati cukup banyak tanjakan dan turunan serta ada juga jalur landai. Selain itu ada jalur roller coaster yang dapat memicu adrenalin para pesepeda. Lalu jika sudah menjajal jalur sepeda  ini kita juga bisa langsung rest ditempat yang tidak jauh dari jalur tersebut. 
  • Jalur Jayagiri Lembang
    Untuk memulai jalur sepeda ini maka akan langsung menemui dengan tanjakan, namun semua itu akan terbayar dengan adanya pemandangan pohon pinus nan hijau. Lalu jika ingin mencoba jalur down hill maka juga bisa mencoba jalur ini, karena akan ada trek yang sangat cocok untuk melakukan down hill.  
  • Jalur Bukit Klemuk Batu
    Untuk jalur sepeda selanjutnya berada di kawasan Songgoriti, Batu. Jalur ini memang sangat cocok untuk menantang adrenalin. Karena akan sangat pas untuk melakukan down hill di trek ini. jalur yang berada di lembah pegunungan Kawi dan Gunung Arjuna ini sempat menjadi tuan rumah pada kejurnas Downhill Indonesia pada tahun 2015. Maka tidak bisa dipungkiri lagi keseruan menggunakan jalur ini. 
  • Jalur Bukit Sulap
    Kali ini kita akan mengarahkan trek yang ada di Lubuk Linggau, Palembang. Jalur ini memang cukup terkenal dengan jalur downhillnya. Karena sejak tahun 2010 kerap sekali diadakan perlombaan pada trek ini. Dan pada tahun 2014 menjadi tuan rumah pada perlombaan sepeda gunung tingkat Asia. Dengan begitu maka tidak akan diragunakan lagi jalur sepeda satu ini.
  • Jalur Telogo
    Walaupun jalur ini tergolong baru, namun pada tahun 2015 sempat menjadi salah satu jalur sepeda yang digunakan pada Kejurnas Downhill Indonesia. Telogo resort yang terdapat di Salatiga ini menjadi trek yang cukup menantang. Selain itu juga memiliki pemandangan yang cukup menawan. Jadi akan sangat pas untuk dijadikan jalur dalam bersepeda.
  • Jalur Jatiasih Bogor
    Untuk mencoba jalur sepeda ini memang tidak cukup susah. Pertama letak jalur ini juga tidak jauh dari Jakarta. Kedua, jalur ini sangat pas untuk dijadikan tempat latian untuk para pemula. Karena trek yang terkesan gampang, namun tetap memiliki tantangan tersendiri untuk melewatinya.

Demikian tadi adalah beberapa jalur sepeda yang bisa digunakan untuk memacu adrenalin dalam bersepeda, tidak perlu memakai sepeda mahal, sepeda murah dengan skill yang mumpuni sudah cukup untuk menaklukkan jalur ini. Dengan menggunakan trek ini maka kita akan mendapatkan sensasi tersendiri. Oleh karena itu sangat disarankan untuk menggunakan trek yang menjadi rekomendasi kita saat ini. Dan tentu saja akan merasakan keindahan dari alam Indonesia.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x