Mohon tunggu...
Ms. Phia
Ms. Phia Mohon Tunggu... Dosen - ESL ToT| Founder I Speak English community| Writer

Love to travel, meet and share knowledge with more people and build a business on Foreign language training

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Menguasai "English Speaking Skill" Dalam Satu Bulan itu Mudah

16 Juli 2021   12:35 Diperbarui: 16 Juli 2021   13:28 67 3 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Menguasai "English Speaking Skill" Dalam Satu Bulan itu Mudah
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Hello again Folks,

 For you Readers, ada yang mau bisa bicara bahasa Inggris nya lancar nggak? Atau pernah nyoba bicara tapi malah jadi trauma yang berkepanjangan? Eh, malah mungkin ada yang sudah pernah ambil kursus "Inggris" sana sini tapi hasilnya tetap di titik awal, gak bisa juga, kayak gak tega gitu pas mau coba, bicara Pake bahasa Inggris itu, sudah terkonsep dengan baik di dalam otak, lalu diproses oleh hati dan saat akan dikeluarkan melalui kerongkongan dan saluran bicara terasa seperti ada yang menahan gitu, , beraaaaatt.! Ada yang pernah ngalamin ? Believe me, YOU ARE NOT ALONE. Tidak sedikit orang yang sudah belajar Bahasa Inggris, kursus percakapan, mati matian cari tempat kursus terhebat, ter Branded, ter "halma.." Pokonya ter ter ter yang lain deh.. pas selesai program kursusnya, English speaking nya back at one. Kenapa? Ada apakah dengan fenomena ini semua?? (Ha-ha-ha lebay kaan) 

Have you watch the video I shared ? , menurut folks lagi ngapain sih itu orang orang yang terekam dalam video, OK untuk yang belum lihat saya ceritakan yaa, ada satu orang anak muda yang sedang bicara dengan English sambil berdiri didepan semua orang, yang lainnya hanya duduk perhatikan sambil sesekali berikan respon untuk apa yang di katakan si pembicara. Perhatikan deh, ditangan si abang yang lagi bicara itu ada selembar kertas warna kuning,  It is written  "ARMPIT", apa? Armpit? Iya, armpit yang artinya ketiak (kuetex) dalam bahasa Indonesia. Lho kok? Kenapa? Gak pernah bicarakan soal armpit depan khalayak banyak? He he he. Well, we have, si abang yang lagi bicara di depan itu memilih satu kertas yang ada di meja, setiap kertas bertuliskan tentang tema yang harus setiap orang dalam grup itu presentasikan didepan, ini dadakan yaa, No latihan latihan Club. Dan semua orang dalam grup itu harus kedepan lalu presentasikan temanya masing masing dalam Bahasa Inggris. Aturan mainnya adalah Dilarang keras memberikan komen atau respon negatif, jika merasa lucu temanya cukup tersenyum, atau tertawa ringan bukan mentertawakan. Intinya sama sama saling mendukung dalam latihan English Speakingnya. Lingkungan yang terbentuk adalah lingkungan yang saling memperbaiki dan saling belajar.

Lalu apa semua nya lancar berbicara pake Inggris waktu program itu?? Tidak! Banyak yang bingung sampai depan orang pas mau bicara tiba tiba "Brain freeze", dan itu wajar, kalau kita ngalamin brain freeze atau istilaotah zaman now nya " nge -hang" saat mau bicara Bahasa asing yang lagi di pelajari, jangan freak out, jangan panik , santai aja, semua orang yang belajar bahasa apapun pasti mengalami. Terus gimana caranya supaya nggak panik saat  mau coba bicara bahas  Inggris? Gampang, tabrak lari, coba dulu salah atau benar itu urusan sekian, masalah nanti diketawain  atau nggak jangan ambil pusing, kan masih belajar, (toh, diketawain aja kan gak bikin bonyok). 

Santai ikuti arusnya, seimbangkan ritme nya. Terus bicara, lupa Bahasa Inggris nya apa? tanya atau campur dengan Bahasa Indonesia, atau Bahasa Ibu (first language L1), masalah? Nggak banget. Mencampur Bahasa asing dengan Bahasa L1 itu adalah hal yang biasa, itu disebut bilingual, jangan malu, malah kalau sudah bisa campur Bahasa dalam satu percakapan itu sudah jadi second language Bahasa Inggris nya. Coba deh ingat ingat, buat yang pernah nonton film Malaysia, India atau Philippines , tokohnya bicara dalam bahasa L1 tapi hanya sekali menyisipkan kata kata atau istilah dalam bahasa Inggris, kalau kita udah bisa campur English ke dalam Bahasa Indonesia kita jadi bilingual, bahasa nya jadi second language, keren nggak tuh. 

The thing is, gimana caranya supaya bisa bicara Inggris lancar dalam tempo yang sesingkat singkatnya ? Ini sih urusan gampang, ( ha ha ha sombong kali awak ni). Mau tau nggak caranya? Ayoo, mau tau aja apa mau tau tanpa ajaa?? Jadi gini, pertanyaan dulu yaa sebelum tips. Kenapa anak anak kecil di Inggris, Amerika jago jago bicara Bahasa Inggris nya? ( yok jawab dulu). Pertanyaan yang sangat klise kan? Tapi jawabannya adalah rahasia dari sebenarnya, alasannya adalah karena orang tuanya si anak anak di Inggris itu nggak ngajarin Grammar pas mereka dalam kandungan, pas mereka lahir dan saat tumbuh. ( e.g. nggak jelaskan materi Tenses sama anak nya misal " Baby, simple present tense is subject verb Object, ngga gitu juga kan konsepnya??), orang tuanya hanya mengatakan semua hal dalam bahasa Inggris, ngajak makan, mau mandi, mau jalan jalan, mau masak, ngobrol satu sama lain sesama orang dewasa di depan anaknya dengan Bahasa Inggrissehari hari. 

Pada akhirnya yang anak anak itu rekam adalah kumpulan kata, frase, kalimat, ungkapan, cerita, ajakan dan perintah dalam Bahasa Inggris, otomatis saat mereka mulai bisa mengeluarkan suara yang berbentuk kata, keluarlah kata kata yang ada di rekaman si anak. Nah, apa hubungannya sama bisa bicara Inggris dalam 1 bulan?? Do you know? (Nanya lagi dah) menciptakan kebiasaan baru adalah dengan melakukan hal baru tersebut selama kurun waktu tertentu secara konsisten setiap harinya di waktu yang persis dengan cara baru tersebut. Malah ada seorang experts said ( saya lupa baca di buku apa) membuat kebiasaan baru adalah melakukan hal baru tersebut selama 21 hari berturut turut tanpa berhenti, artinya jika berhenti di hari ke 10 atau 20 , esok harinya sudah bukan hari ke 21 tapi back at one. Kembali ke awal hari ke 1. Contoh : mau bisa bicara Inggris, coba bicara Bahasa Inggris setiap mau bilang kata saya selama 21 hari berturut turut (no stopping) , setiap mau bilang saya, aku, ana, eke, gw ganti pake I (ay), buktikan di hari ke 22 akan terasa ada yang kurang atau bahkan akan otomatis keluar kata I saat mau bilang saya. Berani coba? Kenapa ngga?. Bayangkan juga kalau saja  sejak pertama belajar kata baru dalam Bahasa Inggris dulu, cara ini dipakai satu bulan udah bisa lancar belum? Satu tahun? Dua tahun? Yes you can. Kuncinya adalah:

1. Konsistensi (harus teguh pendirian). Konsistensi ini yang palin sulit di taklukan, coba saja berapa kali kita mencoba hal baru dan merasa jenuh untuk mengulang di beberapa hari berikutnya, selalu ada saja gangguaan baik berupa gangguan internal maupun eksternal. Be Consisteant !

2. Motivasi diri (harus merasa perlu dulu). Memotivasi orang lain biasanya lebih mudah dibandingkan memotuvasi diri kita, buktikan bahwa motivasi diri dengan kata sederhana "kamu pasti Bisa", yang di fikirkan, dikatakan setiap hari dan di rasakan dampai ke hati. You will be surprised. Terkadang kita belajar sesuatu selama masa pendidikan formal itu hanya sebgai tuntutan untuk tuntas saja, jarang sekali yang memang merasa betul betul butuh dengan mata pelajaran atau mata kuliah yang didapatkan di kampus. Coba deh, kalau sudah butuh bisa menguasai bahasa Inggris, sibuk cari kursussan sana sini. padahal kurang lebih 10 tahun sudah belajar itu di bangku sekolah formal.

3. Berani ( Harus masuk anti malu malu club) 

Naah, bagaiimana kira kira mulai hari ini sudah mau cooba cara 21 hari nya belum? Masa nggak mau. "Enggak malu hari gini nggak bisa bicara Bahasa Inggris??". Enggak  gengsi tuuuh kalau nanti adeknya, anaknya, muridnya bilingual terus tanya pakai bahasa Inggris? Enggak mau dapet pe-de level dewa untuk coba apply beasiswa ke luar negeri? Yakiiin masih ngga mau?? Satu bulan lancar bicara Inggris? It's a piece of cake, bukan hal yang sulit, tinggal mau mengamalkan ke tiga amalan diatas, yakin bisa. Cara ini sudah dipakai di tempat training kami semenjak tahun 2007. Program nya kami namakan " SATU BULAN JAGO BICARA ENGLISH, JAMINAN UANG KEMBALI" And, kami belum pernah ngalamin peserta minta uang kembali. Kalau bisa  coba Tips ini sendiri di rumah, kenapa harus keluarin extra money buat bayar kursus?? Yes, you can. Impossible is Nothing !! 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan