MSI Gaming Indonesia
MSI Gaming Indonesia

This is an official account for MSI Gaming Indonesia. Official web : https://id.msi.com/

Selanjutnya

Tutup

Digital

Giant Speaker dari GP63-73 Lebih Unggul Dibandingkan dengan Sebagian Besar Notebook Lainnya!

13 Juli 2018   10:16 Diperbarui: 13 Juli 2018   10:27 108 0 0
Giant Speaker dari GP63-73 Lebih Unggul Dibandingkan dengan Sebagian Besar Notebook Lainnya!
dokpri

Konsep desain GP63 dan GL63 berasal dari GE63, sedangkan GP73 dan GL73 berasal dari GE73, jadi fitur yang ada mungkin lebih sedikit dibandingkan dengan seri GE, namun 2 hal yang tidak akan dilupakan oleh model ini, 1 adalah heatpipe dan sistem pendingin, 1 lagi adalah Giant Speaker dengan ruang yang besar! Karena kita sudah mengetahui seberapa bagus performa dari sistem pendingin, kali ini kita akan lebih focus pada desain speaker. Berikut adalah video yang menunjukkan Cara kerja dan desain dari Giant Speaker.

Giant Speaker Mengandalkan Desain Giant Chamber yang sudah Disesuaikan 

Jika kamu melihat gambar dibawah, Giant Speaker yang ada di GE63/73 hadir dengan 4x speaker, dua speaker dengan frekuensi mid-high, dan dual woofer yang diposisikan lebih mendekati tengah bilik. Inilah alasan kenapa GE63 dan GE73 mempunyai suara yang sangat bagus untuk memenuhi kepuasan para gamer!

Bagaimana cara MSI bisa memasukkannya dengan sangat sempurna dalam sebuah notebook? Hal ini dikarenakan mereka mendengarkan tim Dynaudio dan mengatur penempatan speaker terlebih dahulu saat mereka merancang seri GE63/73 pada tahun lalu.

Sekarang saya ingin memperkenalkan GP dan GL terbaru yang juga hadir dengan desain Giant Speaker, material ruangan yang sama menghasilkan tingkat detail suara otentik yang tinggi , yang membuat penggunanya merasa lebih puas dibandingkan dengan penggunaan seri GP62/72 dan GL62/72 terdahulunya.

dokpri
dokpri
Jika kamu ingin mengetahui perbandingan ukuran dari ruangan speaker, gambar dibawah perbandingkan dari speaker GE63 dan GE62, ukurannya 5x lebih besar dari ukuran ruangnya, dan GE63/73 juga 3x lebih besar dibandingkan dengan speaker GE62/72, kedua desain ini dapat meningkatkan detail dan kualitas suara yang dihasilkan dengan response dan pemantulan suara yang lebih baik dari sisi bawah notebook.

dokpri
dokpri
Volume Suara cukup kencang, namun Lebih Detail dibandingkan dengan dBA! 

Saat saya mendapatkan notebook gaming GP63 Leopard, saya mengecek bahwa desain speaker yang digunakan sama dengan GE63, namun tanpa 2 woofer. GP63 juga memiliki kualitas suara yang sangat bagus, terutama ketika kami membandingkannya dengan produk kompetitor di level yang sama atau yang mempunyai rentang harga yang sama, kamu akan mengerti apa yang saya jelaskan.

Mari kita lihat ukuran dan penempatan dari Giant Speaker pada GP63, ini bahkan lebih besar dari HDD 2.5"!

dokpri
dokpri
Mari kita lihat pada desain speaker dari notebook gaming merek STRIX, hanya ada speaker kecil yang diletakkan di samping HDD, namun tidak ada ruangnya, dan suara yang dihasilkan tidak begitu detail dan kencang.

dokpri
dokpri
Saya mulai berpikir bahwa Giant Speaker dari GP63 mungkin saja menyebabkan kualitas suara menurun dikarenakan tidak adanya woofer, namun ternyata saya salah. Saat saya mencoba memutar beberapa video MSI, detail suaranya sangat bagus, vokal suara manusia dan suara mid-high seperti balapan, tembakan atau efek lainnya, semua memiliki detail yang sangat baik.

Saat saya melakukan pengecekan tingkat volume dengan sound meter, GP63 mencapai nilai maksimum 102dBA. Berdasarkan pengalaman, GE63 mencapai 105~106dBA dengan 2 woofer tambahan. Perbedan paling besar hanya pada dasar dari GE63/73 lebih kuar, detail suara dari efek yang ada sama baiknya dengan notebook gaming di level performa dan diatasnya.

dokpri
dokpri
Jika kita melihat pada brand A di notebook gaming STRIX dengan 7700HQ dan GTX1070, model ini hanya maksimal mencapai 91.9dBA pada speakernya, Jika Anda mempertimbangkan formula penghitungan volume suara desibel, 10dBA berarti 3x lebih keras untuk telinga manusia, ini adalah celah yang cukup besar bagi tiap pengguna untuk bermain game atau menonton video.

dokpri
dokpri
Kapabilitas suara lebih bagus dibandingkan di GP dan GL terbaru dibandingkan dengan notebook lainnya di level yang sama

Berdasarkan pengalaman dari beberapa notebook gaming merek dan model lain tahun lalu, mereka tidak mampu mengalahkan GE62 generasi sebelumnya dan STRIX dari merek A, volume suara yang dihasilkan hanya sekitar 90dBA, jadi ini terlalu jauh untuk dikatakan apakah mereka mampu mengalahkan kualitas suara GP63.

Jika kamu ingin mengetahui aspek lain yang bagus dari GP63/73 dan GL63/73, selain dari sistem pendingin terbaik, Cooler Boost 5, Giant Speaker juga merupakan fitur canggih bagi para pengguna untuk bermain game ataupun untuk keperluan entertainment! Kami menyadari MSI menghadirkan fitur-fitur yang sangat bernilai pada kualitas suara yang baik, desain sistem pendingin, dan keyboard gaming, pengalaman visual pada setiap segmen bagi semua penggunanya!

dokpri
dokpri