Mohon tunggu...
Muhammad Rizki Fadilah
Muhammad Rizki Fadilah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Too much morning, not enough coffee

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa KKN Untag Surabaya Memberikan Psikoedukasi sebagai Meningkatkan Kesadaran Pendidikan Orang Tua Anak Jalanan

5 Juli 2022   09:56 Diperbarui: 5 Juli 2022   09:59 53 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sidoarjo -- Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Muhammad Rizki Fadilah dari jurusan Psikologi melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang bertajuk "Psikoedukasi Menanamkan Kesadaran Pentingnya Pendidikan Untuk Masa Depan Yang Lebih Baik" . Kegiatan ini dilakukan pada komunitas Save Street Child Sidoarjo dimulai dari tanggal 04 April -- 13 Juni 2022 di Entalsewu RT.13, RW.04, Kec. Buduran, Sidoarjo, Jawa Timur.

Save Street Child Sidoarjo merupakan  komunitas sosial peduli anak jalanan dan anak marjinal yang berada di Kabupaten Sidoarjo. Dengan inisiatif pemuda-pemudi Sidoarjo yang turut prihatin dengan keadaan sosial sekitar, maka terbentuklah Save Street Child Sidoarjo dengan menghimpun anak-anak jalanan dan marjinal khususnya di daerah Sidoarjo

Salah satu program yang dilakukan komunitas Save Street Child Sidoarjo adalah kegiatan belajar mengajar. Pada era di jaman modern sekarang terutama di Indonesia, ternyata masih banyak anak-anak jalanan dan marjinal di lingkup masyarakat dengan kurangnya perhatian dari sekitar terutama permasalahan sosial yang mereka alami.

Sebagian anak jalanan mengikuti kegiatan belajar mengajar ini disebabkan karena kurangnya biaya untuk mengikuti les di luar sekolah, Sebagian anak karena ikut orang tua bekerja dan tidak memiliki waktu untuk mengikuti les di luar sekolah, dan sebagian anak tidak mendapat dukungan dari orang tua dan keluarga. Selain itu, kurangnya kesadaran orang tua terhadap pendidikan anaknya di usia dini. Dengan keterbatasan ekonomi dan latar belakang orang tua, komunitas ini, bagi mereka hanya sebagai sampingan dan penitipan anak selama mereka bekerja. Anak-anak usia dini dipekerjakan oleh orang tua mereka, seperti mengemis atau mengamen di Traffic Light Alun-Alun Sidoarjo.

Berdasarkan permasalahan tersebut, atas izin dari founder Save Street Child Sidoarjo Kak Dwi Prasetyo, S.Psi. dan bimbingan dari Ibu Akta Ririn Aristawati, S.Psi. selaku dosen pembimbing lapangan, maka Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya yang Bernama Muhammad Rizki Fadilah mengadakan kegiatan KKN yang berjudul "Psikoedukasi Menanamkan Kesadaran Pentingnya Pendidikan Untuk Masa Depan Yang Lebih Baik" pada orang tua anak di Save Street Child Sidoarjo.

Rangkaian kegiatan yang dilakukan yaitu memberikan Psikoedukasi kepada para orang tua anak-anak jalanan yang berada di Save Street Child Sidoarjo mengenai pentingnya pendidikan bagi anak di usia dini. Pada kegiatan tersebut juga diberikan Leaflet sebagai pegangan agar dapat membantu orang tua dalam menerapkan yang telah disampaikan di kehidupan sehari-hari.

Tidak hanya pemberian psikoedukasi, mahasiswa yang biasa dipanggil Fadil ini juga melakukan sesi diskusi ketika kegiatan edukasi berlangsung. Sehingga kendala yang dialami orang tua, ataupun saran dari mereka didengarkan oleh mahasiswa untuk kegiatan kedepannya yang lebih baik. Kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan disambut sangat antusias oleh para orang tua, hal ini terlihat ketika mahasiswa melakukan psikoedukasi orang tua ingin mengetahui materi yang disampaikan. Bahkan beberapa orang tua juga bertanya kepada mahasiswa. Fadil mengaku sangat senang dapat memiliki kesempatan memberikan psikoedukasi khususnya kepada masyarakat marjinal dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap anak di usia dini di zaman modern saat ini.

#UntagSurabaya #KitaUntagSurabaya #UntukIndonesia #UntagSurabayaKeren #EcoCampus #KampusKompeten

http://www.untag-sby.ac.id/

dokpri
dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan