Mohon tunggu...
Gaya Hidup

Memelihara Ikan Hias Air Tawar di Aquarium

24 November 2015   06:04 Diperbarui: 24 November 2015   07:45 6387 0 0 Mohon Tunggu...

MEMELIHARA IKAN HIAS AIR TAWAR DI AQUARIUM
Hai, mungkin beberapa dari anda mulai merencanakan untuk memelihara ikan hias air tawar di rumah, di kosan ataupun di kantor. Kali ini saya akan memberikan anda tips atau panduan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk memelihara ikan hias air tawar. Apa saja yang perlu disiapkan? Kita bahas tuntas di artikel ini.  Aquarium sebesar apa yang anda butuhkan untuk ikan hias air tawar? Ya, ukuran dari aquarium sangat menentukan jenis ikan dan konsep dari aquarium anda nantinya. Mulai berpikir dibagian ruang mana anda akan menyimpan aquarium ikan hias air tawar untuk anda nikmati nantinya. Bentuk, bahan dan merk dari aquarium sangat menentukan harga yang juga akan berhubungan langsung dengan budget anda. Akan sangat bijak ketika anda telah menentukan besaran anggara yang akan anda keluarkan untuk sebuah aquarium ikan hias air tawa. Berikut beberapa pilihan aquarium yang biasa tersedia di toko ikan hias air tawar :  

  • Aquarium bentuk kaca biasa.

 Aquarium kaca biasa Aquarium jenis ini bisa dapat anda dapatkan di toko ikan hias air tawar di kota anda atau anda dapat memesan langsung pada toko kaca terdekat agar ukurannya dapat disesuaikan dengan yang anda mau. Harga bervariasi mulai dari Rp. 100.000 sampai dengan Rp. 250.000  
  • Aquarium berbahan akrilik dan kaca ber-merk

Aquarium Berbahan akirilik merk Gex 
Aquarium kaca ber-merk Aquarium berbahan akrilik biasa dipilih karena bobot dari aquarium tersebut ringan sehingga dapat memudahkan ketika membersihkan dan aquarium berbahan kaca ber-merk biasa dipilih karena lebih cenderung kepada unsur estetika, saya pikir estetika memang harus menjadi alasan utama karena itu alasan anda ingin memelihara ikan hias air tawar di tempat anda. Harga aquarium ini bervariasi mulai dari Rp. 85.000 untuk berbahan akrilik dengan merk GEX sampai dengan Rp. 2.000.000 untuk merk Nisso.Beberapa merk aquarium yang baisa terdapat di toko ikan hias air tawar terdekat : 
  • Nisso
  • Gex
  • BOYU (ace hardware)

   Berapa ukuran yang ideal untuk sebuah aquarium? Pertanyaan yang mendasar dan harus dimulai dari di bagian ruang mana anda akan menyimpan aquarium ikan hias air tawar. Ukuran aquarium yang ideal disesuaikan dengan jumlah ikan hias air tawar yang akan anda pelihara di dalam aquarium tersebut. 

  • Ikan berukuran < 5 cm membutuhkan air sebanyak 5 Liter air / ekor
  • Ikan berukuran < 8 cm membutuhkan air sebanyak 7 Liter air / ekor
  • Ikan berukuran < 15 cm membutuhkan air sebanyak 8 Liter air / ekor
  • Ikan berukuran > 15 cm membutuhkan air sebanyak 25 Liter air / ekor

Bagaimana cara menghitung kapasitas aquarium?  Anda dapat menentukan ukuran aquarium anda dengan menentukan kapasitas air yang akan anda gunakan atau dengan menghitung kapasitas air di aquarium yang telah anda beli.  Kalkulator untuk menghitung kapasitas aquarium klik disini  Jenis ikan apa yang cocok untuk pemula? Untuk hal ini sepertinya lebih kepada hal selera dari masing-masing. Tapi saya akan merekomendasikan beberapa jenis ikan hias air tawar yang sesuai. 

  • Ikan Tetra

Aquarium dengan ikan tetra  
  • Ikan Guppy 

 

Aquarium dengan ikan GuppyFiltrasi apa yang bisa digunakan?Ada beberapa jenis filtrasi yang dapat digunakan untuk memelihara ikan hias air tawar di aquarium dan jenis filtrasi disesuaikan dengan kapasitas dari aquarium juga anggaran yang anda sediakan, semakin besar aquarium anda akan membutuhkan sistem filtrasi yang semakin canggih dan otomatis mahal harganya.
  • Hang On Back Filter

Hang on Back Filter Filter jenis ini biasanya diletakkan dengan cara di gantung dibagian belakang aquarium ikan hias air tawar. Juga biasanya digunakan untuk aquarium dengan kapasitas air yang kecil. Harga berkisar Rp. 20.000 - Rp. 100.000
  • Internal Filter

Internal Filter Filter jenis ditempatkan di dalam aquarium, semua proses filtrasi dengan filter jenis ini dilakukan di dalam aquarium. Harga berkisar antara Rp. 25.000 - Rp. 100.000 
  • Top Filter 

Top FilterFilter jenis ini terbagi menjadi dua bagian yaitu Power Head dan Top filter, Power Head berfungsi untuk menyedot dan mengalirkan kembali air yang sudah disaring di top filter ke dalam aquarium. harga berkisar antara Rp. 35.000 - Rp. 300.000.

  • External Filter / Canister Filter

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x