Mohon tunggu...
Monita Apnea
Monita Apnea Mohon Tunggu... Jurnalis - Monita Apnea

A survivor who loves to write.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengalamanku Mencoba Bimbel Online

12 Juni 2019   00:25 Diperbarui: 12 Juni 2019   01:11 433
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Hai guys! Kali ini aku mau cerita soal pengalamanku nyoba-nyobain bimbingan belajar online. Kalian tau ga sih bimbel online? Itu lho, yang punya video-video pembahasan pelajaran di sekolah tapi pake animasi-animasi sama cara-cara gampang.

Sebenernya sih aku pribadi pernah ikut beberapa bimbel. Waktu SD, aku les bahasa inggris di salah satu tempat les yang cukup hits dan punya cabang banyak. Emang cukup membantu sih terutama skill bahasa inggris yang emang dibutuhin di semua aspek kehidupan yekan hahaha. Waktu SMP juga, aku ikut bimbel mata pelajaran di deket sekolah. 

Jadi misalnya besok ada ulangan fisika, ya kita bakal full bahas fisika itu. Sekolahku pas SMP itu standar internasional dan soal-soalnya jauh lebih susah daripada SMP pada umumnya (baru ngeh setelah lulus)! Kayaknya aku ga bakal lulus SMP deh kalo ga bimbel waktu itu hahaha. :(

Abis itu, SMA juga aku les persiapan masuk PTN. Bisa dibilang sekarang aku lulus masuk PTN ya berkat bimbel itu, selain karena berusaha dan berdoa hehehe. Dari pengalamanku sih, bimbel emang bermanfaat buanget!

Tapi walaupun terasa banget manfaatnya, bimbel yang selama ini aku jalanin tuh melelahkan banget. Di sekolah dari jam 7 pagi sampe jam 3 sore, abis itu les sampai jam 6 sore bahkan kadang sampe malem. Hampir setiap hari kayak gitu. Sampe rumah, buat ganti baju aja tuh berat banget saking capeknya.

Selain itu, menurutku sih bimbel yang bagus tuh mahal-mahal harganya. Bayangin orangtua udah harus bayar uang sekolah, kudu bayar bimbel juga. Semua buat pendidikan.

Makanya aku penasaran lah dengan munculnya fenomena bimbel online ini. Kebayang ga sih, kita bisa belajar di mana aja dan kapan aja, cuma modal gadget dan akses internet? Di rumah sambil tidur-tiduran pun bisa. Praktis banget!

Terus aku liat, harganya juga jauh lebih murah dibandingkan bimbel konvensional. Yang udah aku cari tau sih namanya Ruangguru. Baru coba fitur-fitur yang free trial sih.. Dari segi harga emang jauh selisihnya. Buat gabung jadi siswa Ruangguru, harganya sekitar 250 ribu rupiah per bulan. Ada juga yang buat satu tahun dan dua tahun untuk paket yang lebih lengkap. Pokoknya banyak deh pilihannya.

Terus buka-buka aplikasi dan website bimbel online Ruangguru ini ga bikin bingung sih.. Kadang kan suka ada aplikasi yang bikin bingung sih hahaha entah saya yang gaptek atau gimana. Tapi aplikasi mobile Ruangguru ini cukup oke lah buat user Android.

Terus yang jadi fitur utama Ruangguru itu ya video-video pembahasan itu. Ruangguru sendiri mengklaim punya lebih dari 5000 video pembahasan. Banyak juga ya. Kalo belom berlangganan via aplikasi ga bisa liat videonya. Tapi ternyata di YouTube banyak deng videonya. Ini contohnya:


Soal kualitas sih menurut saya Ruangguru ini oke kok. Ruangguru ini udah berdiri sejak tahun 2014, jadi udah terhitung cukup lama. Terus ada beberapa penghargaan nasional dan interanasional yang didapat. User atau siswanya pun udah lebih dari 5 juta orang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun