Mohon tunggu...
Monique Rijkers
Monique Rijkers Mohon Tunggu...

only by His grace

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Model Lukisan Basoeki Abdullah Itu Oma Saya, Bukan Orang Spanyol

29 September 2015   14:18 Diperbarui: 29 September 2015   15:28 2778 23 11 Mohon Tunggu...

[caption caption="Model Pada Foto Lukisan Paling Kanan Atas Itu Orang Indonesia. Foto: Monique Rijkers"][/caption]

Pada pameran lukisan karya Basoeki Abdullah yang berlangsung di Museum Nasional, Jakarta saya menemukan foto lukisan Oma saya di masa gadis. Sebetulnya saya mau melihat lukisan (asli) namun menurut seorang staf dari Museum Basoeki Abdullah, lukisannya entah di mana. Oma saya, Cecilia van Oers menjadi model lukisan Basoeki Abdullah yang menampilkan dua perempuan, padahal sesungguhnya modelnya hanya satu perempuan. Oma Cecie, begitu saya memanggilnya, dilukis tampak depan dan tampak samping. Inilah salah satu kehebatan Basoeki Abdullah yang mungkin belum banyak diketahui penggemar karya Basoeki Abdullah dan (mungkin) kurator pameran "Rayuan" ini sendiri.

Cecilia van Oers adalah perempuan keturunan ayah Belanda-Yahudi dan ibu dari Manado. Namun di caption lukisan dicantumkan, judul lukisan: "Potret Dua Wanita Spanyol". Oil on Canvas, dikerjakan saat tinggal di Spanyol 1954. Reproduksi digital oleh Museum Basoeki Abdullah 2015.  

[caption caption="Cecilia van Oers, Orang Indonesia Bukan Spanyol. Foto: Monique Rijkers"]

[/caption]

Sayangnya hasil lukisan itu tidak diberikan kepada Oma saya. Oma cuma diberikan foto lukisan dan terdapat tulisan tangan Basoeki Abdullah dibalik foto itu. Foto inilah yang diperlihatkan Oma kepada ayah saya (RIP) dan menurun ke saya. Foto ini yang menjadi pegangan kami bahwa model dalam foto itu adalah Oma saya, orang Indonesia keturunan Belanda bukan Spanyol.

[caption caption="Foto Lukisan Yang Dipegang Cecilia van Oers. Foto: Monique Rijkers"]

[/caption]

[caption caption="Beginilah rupa Cecilia van Oers, Peragawati/Model Lukisan Basoeki Abdullah. Foto: Monique Rijkers"]

[/caption]Cecilia van Oers yang menikah dengan Henk Rondonuwu (RIP), hingga sekarang masih hidup, sehat dengan ingatan yang baik. Ia pun penutur yang ekspresif.  Sayang, pameran sudah berakhir besok. Kalau belum berakhir, Oma Cecie pasti senang sekali bercerita pengalaman dilukis Basuki Abdullah. Ketika itu, Oma yang bisa menari disuruh menari mengikuti musik Spanyol yang sengaja diputar oleh Basoeki Abdullah dari piringan hitam. Kata Oma, "Itu cara Basoeki Abdullah mendapat inspirasi." Semoga akan ada kurator yang tertarik bertemu Oma Cecie untuk mendalami Basoeki Abdullah. []

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x