Mohon tunggu...
Monik Pebriyanti
Monik Pebriyanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro Biologi - Sains dan Matemtika KKN Tim II Undip

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN Tim II Undip Ingatkan Kembali Pentingnya Cuci Tangan Pakai Sabun

4 Agustus 2021   08:20 Diperbarui: 4 Agustus 2021   08:21 32 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN Tim II Undip Ingatkan Kembali Pentingnya Cuci Tangan Pakai Sabun
Gambar 1. Poster Cuci Tangan Pakai Sabung (CTPS)

Dalam masa pandemi seperti ini, kita harus lebih berhati-hati dan selalu tetap menjaga kesehatan serta imunitas di tubuh. Salah satu cara yang efektif untuk menjaga kesehatan tubuh di era sekarang ini yaitu dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun. Cuci tangan di masa sekarang ini menjadi hal yang wajib dilakukan oleh semua orang baik dewasa maupun anak-anak. Cuci tangan dapa dilakukan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan. Dengan demikian, Monik Pebriyanti sebagai salah satu Mahasiswa KKN Tim II Undip melakukan kegiatan edukasi cuci tangan memakai sabun yang baik dan benar sesuai aturan WHO (World Healthy Organization) kepada anak-anak.

Meskipun terlihat sangat mudah, cuci tangan tidak bisa dilakukan sembarangan. WHO sudah memberikan langkah-langkah yang harus dilakukan, mulai dari membasahi dengan air hingga tangan kita bersih. WHO memberikan 6 langkah cuci tangan dengan sabun dengan lama 60 detik. Anak-anak terutama yang tinggal di Desa masih jarang banget mendapatkan edukasi cuci tangan. Sehingga Saya sebagai Mahasiswa yang sedang mengabsi di masyarakat memberikan edukasi cara mencuci tangan yang baik dan benar.

Kegiatan Edukasi cuci tangan ini dilakukan di Desa Ngadem, RT 04/ RW 01, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang. Target utama kegiata ini yaitu anak-anak, dikarenakan anak-anak sering menyentuh barang-barang apapun yang ada di sekelilingnya. Untuk menjadikan anak-anak lebih semnagat kita selingi dengan bermain gae dan memberikan snack sebagai apresiasi anak-anak yang sudah mau mengikuti kegiatan edukasi ini.

Harapan saya setelah memberikan edukasi, anak-anak lebih bisa menjaga kesehatan dengan membiasakan dan menerapkan langkah-lanngkah cuci tanngan yang baik dan sesuai aturan yang sudah ditetapkan.

 Dokumentasi Edukasi Cuci Tangan di Desa Ngadem, Kec. Rembang, Kab. Rembang, Jawa Tengah
 Dokumentasi Edukasi Cuci Tangan di Desa Ngadem, Kec. Rembang, Kab. Rembang, Jawa Tengah

Author : Monik Pebriyanti (24020118120006)

Editor : Ir. Sutrisno, M.P

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x