Mohon tunggu...
Monika Ekowati
Monika Ekowati Mohon Tunggu... Guru - Seorang biarawati Tarekat SND--> ARTIKEL yang kutulis ini khusus untuk KOMPASIANA Jika muncul di SITUS lain berarti telah DIJIPLAK tanpa IJIN PENULIS !

Betapa indahnya hidup ini, betapa saya mencintai hidup ini, namun hanya DIA yang paling indah dalam Surga-Nya dan dalam hidupku ini, saya akan mencintai dan mengabdi DIA dalam hidupku ini ARTIKEL yang kutulis ini khusus untuk KOMPASIANA Jika muncul di SITUS lain berarti telah DIJIPLAK tanpa IJIN PENULIS !

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Presentasiku Membawa Indonesia Go Internasional

18 Juli 2021   18:22 Diperbarui: 18 Juli 2021   18:28 220 30 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Presentasiku Membawa Indonesia Go Internasional
Lambang Negara ( dok pri )

"The more we do, the more we can do." "Semakin banyak yang kita lakukan, semakin banyak yang bisa kita lakukan."William Hazlitt

"Working hard is very important. You're not going to get anywhere without working extremely hard." "Bekerja keras itu sangat penting. Anda tidak akan mendapatkan apa-apa tanpa bekerja sangat keras." - George Lucas

Kata  mutiara  diatas  yang  mendorongku  selalu  belajar  dan  mau  serta  terus  belajar  hal-hal  yang  baru yang  membantu  tugas  pelayananku di  masyarakat. Jaman  ini  tak  mengenal  computer, Lap  Top  dan  apiklasinya  wuuui  pasti  tidak  hanya  ketinggalan  kereta  istilahnya  namun  ketinggalan  jaman. Kita  dipacu  untuk  terus  selalu  belajar, up  date  dengan  segala  yang  serba  baru di  jaman  generasi  Z  ini.  Termasuk  dalam  membuat  dan  mempersiapkan  presentasi.

Saya  diberi  Lap  Top utuk  bekerja  secara pribadi  di  tahun  2003, sewaktu  jadi  Kepala  Sekolah  SD. Sebelumnya  sich  ada  computer namun  tidak  dibawa  kemana-mana. Nah  dengan  adanya  Lap  Top, mudah  dibawa kemanapun.Nah  saat itu saya  belajar  sendiri  program   apa  yang  saja yang  saya  butuhkan dalam  lingkup  pekerjaan  saya.

Saya  asyik  belajar  Power  Point yang  sangat  penting  untuk  presentasi, kepada  anak  didik, yach  sebagai  kepala  sekolah minimal  6  jam  mengajar  kepada  pesera  didik, tetu  yang  menjadi  bagianku  Pendidikan  Karakter/ Budi  Pekerti, Sex  Education, dan  yang  menyangkut  event  penting  dalam  sekolah.

 Selain  peserta  didik juga  rapat  bulanan  bersama  para  guru  dan  Staf sekolah, pertemuan  dengan  orang  tua  murid setiap  6  bulan  sekali ditambah  jika   program  penting ekolah  dan  orang  tua  murid  perlu  tahu, misalnya, retret mandiri  bagi  anak  kelas  3 dan  6, karya  wisata  bagi  kelas 1,2, 4 5  serta  program  lain. Semua  tersaji  dalam  Power Point  sehingga  jelas  dan  mudah  di pahami.

Keindahan alam Indonesia ( dok pri)
Keindahan alam Indonesia ( dok pri)
Begitu  pula  setelah  saya  9  tahun sebagai  Kepala  Sekolah  SD  dan  SMP  Notre  Dame, saya  mendapat  tugas sebagai  Staf Formator untuk  calon  suster  yang  dating  dari  pelbagai  egara Indonesia, Korea, Philippines, China, Vietnam, Papua New  Guinea,  di Rumah  Pembinaan  Internasional di  Balanga, Bataan  Philippines selama  3  tahun Power  Point juga  menjadi  andalan  saya  untuk  menyampaikan  pelajaran.3  tahun  di  Philippines, pulang  ke  Tanah  Air dan  pindah  tugas  sebagai  ibu Asrama serta  pengajar  di  SMA  Fides di  Kefamenau, selama  11  bulan.

Setelah  itu saya  mendapat  tugas  baru  untuk  melayani para  Suster  SND  se  Indonesia mulai  8  Desember 2016 hingga  2023 Nah  Power  Point  tetap  jadi  andalan  utama.

Mengapa  Menggunakan  Power  Point ?

  • Bagiku  sangat  memudahkan  untuk  memadukan  antara  tulisan  dan  gambar/ foto bahkan  bisa  dibuat slide atau  video.
  • Pembuatannya  memang  membutuhkan  waktu, kreativitas, kerja  keras namun  mudah  dibuat.
  • Dalam  mempresentasikan, memudahkan/  memperjelas  audient, dengan  variasi  foto, warna, tulisan, back  ground yang  menarik.
  • PowerPoint juga bisa mempermudah proses pengaturan dan pencetakan slide presentasi. Selain itu, aplikasi ini juga bisa membuat bahan presentasi baik dalam bentuk hardcopy maupun softcopy.

Nah  dalam  tugasku  sekarang diminta  untuk membuat  laporan  tentang   keadaan  situasi dan  karya  kerasulan  SND  Indonesia lengkap ditambah  karya  misi  di  Philippines dalam  waktu 90  menit. Kurasa  ini  sungguh  tugas  yang  sangat  menantang kreaatifitasku  bagaimana  mengolah data memadukannya  dengan gambar/foto merangkumnya  menjadi  laporan  yang  menarik, jelas  dan  mudah  dipahami.

Bisa  dibayangkan  bagaimana  saya  harus  mengumpulkan  bahan yang  begitu  banyak dan  merangkumkannya menjadi  ringkas  tersaji  dalam  waktu yang  singkat. Untung  ada  Power  Point, sehigga  dapat  mengolah  sedemikian  rupa  sehingga  menjadi sajian  yang  menarik.

Hobiku  yang  suka motret  setiap kegiatan, saat  kunjungan di  pelbagai  komunitas dan  meyimpannya  di  file  denga  rapi  juga  amat  mendukung. Sebelum saya  membuat  Power  Point, saya  membayangkan bahwa  nanti  dihadapan  Jendral  dan 5 Asistenya  serta  para  provincial  SND  sedunia, mereka  mesti  mengerti  bagaimana  Indonesia  itu. Memang  sih  beberapa  diantara  mereka  pernah  berkunjung, namun Indonesia  itu  sangat  luas dan  menarik  untuk  dipelajari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN