Mohon tunggu...
Monika Ekowati
Monika Ekowati Mohon Tunggu... Guru - Seorang biarawati Tarekat SND--> ARTIKEL yang kutulis ini khusus untuk KOMPASIANA Jika muncul di SITUS lain berarti telah DIJIPLAK tanpa IJIN PENULIS !

Betapa indahnya hidup ini, betapa saya mencintai hidup ini, namun hanya DIA yang paling indah dalam Surga-Nya dan dalam hidupku ini, saya akan mencintai dan mengabdi DIA dalam hidupku ini ARTIKEL yang kutulis ini khusus untuk KOMPASIANA Jika muncul di SITUS lain berarti telah DIJIPLAK tanpa IJIN PENULIS !

Selanjutnya

Tutup

Diary

Pacar Pertamaku

17 Januari 2021   11:08 Diperbarui: 17 Januari 2021   11:16 362
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hallo Diary kita jumpa lagi

Shalom  Diary, apa  khabar? Hallo...hallo..hello..kita  jumpa  lagi. Koq  seperti  lagunya  Andi  Meriem  Matalatta  ya. Yang  jelas senang  deh  kita  bertemu  lagi. Apalagi  dirimu  tampil  dengan  bentuk  baru, Moderen  lagi.

Berwajah  digital  jadi  asyiiiik  deh  bisa  bawa  kamu  kemana kita  pergi.Gabung  di  Kompasiana memang  OK  biggiiit. Kompasiana  memanjakan  K-Ner  para  anggotanya. Jadinya  semakin  semangat lho untuk  menulis.

Kau  tahu  kan  Diary  bahwa  saya  sayang  kamu  sejak  saya  masih  bocah. Ya  kira- kira  kelas  5 SD. Saya  suka  beli  macam-macam  bentukmu  yang  cantik, bahkan  ada  yang  pakai  kunci, supaya  orang  lain tidak  bisa  membacamu  kecuali  saya.

Engkau  tidak  pernah  menolak  jika  saya  menorehkan  apa  saja, entah  itu  suka, duka  dan  apa  saja  perasaan  dan  apa  yang  terjadi  padaku. Ingat  nggak  apa  yang  saya  goreskan  padamu?

Banyak  hal  kutorehkan  pada  Dirimu  Diary

  • Hasil  refleksiku setelah  saya merenungan Kitab  Suci yang  saat  ini  nama  kerennya  " Lectio  Divina"Saya  tulis  macam --macam  santapan  rohani  bagi  jiwaku.
  • Jika  saya  punya  acara  di  sekolah  misalnya: menang  sebagai  ratu Luwes, lomba Pramuka, salaman  sama  Presiden  Suharto  sewaktu  berkunjung  di  Cepu.
  • Jika  saya  dapat  balasan  surat  dari  artis yang  kugemari, Panjaitan  Bersaudara ( Panbers), Koes Plus,  Andi  Meriam Matalatta, Nasution  Sisters, Rano  Karno  dan  masih  banyak  lagi.
  • Kutuliskan  juga  kata  mutiara berbahasa  Inggris  dan  Bahasa  Indonesia, dimana saya  banyak  mendapat  wawasan  dan  kebijaksanaan  hidup.
  • Saya  juga  menulis  puisi-puisiku, yang  mengharu  biru  menari  dalam  pikiran  dan  hatiku, yang  harus  kutuangkan dalam  tulisan  sehingga  tidak  hilang  tanpa  kenangan.
  • Kukumpulkan  alamat  artis  dan  orang  orang  yang  kukenal agar  saya  tidak  kehilangan  jejak  mereka.
  • Kuceritakaan  petualanganku  menjelajah tempat  tempat  yang  mengasyikkan, Gua  Cerawang, gua  Banyu, diperut  Gunung  Mayit. Bagaimana ketika latihan  Pramuka dag dig  dugnya  mencari  tanda  jejak  di  pekuburan.
  • Serunya  latihan  PMR (Palang  Merah  Remaja )  sampai  harus  merangkak  masuk  parit, dengan  hati-hati  supaya "pasien"  selamat. Sebagai  "Saka  Bhayangkara"  membantu  Para  Polisi"  Menertibkan  lalu  lintas, saat  upacara  besar  atau  jika  ada  karnaval.Yach  banyak  lagi  yang  kutulis yang  sungguh  mengasyikkan.
  • Dari  dirimu  kini  lahirlah  beberapa buku  yang  sudah  diterbitkan.Dalam  dirimu  saya  menyimpan  segala  kenangan. Dari  tempat  saya  menggali  ide  dan  Inspirasi.Pada  dirimu  saya  ingin  selalu  menulis  dan  berkreasi.

Diary kesayangan ( dok pri )
Diary kesayangan ( dok pri )
  • Diary, Maafkan  saya   

Diary, maafkan  saya  , masih  ingatkah  bahwa  saya  pernah  membakar  dirimu, karena  kesalah  pahamanku  menerima pesan, atau  mungkin  muncul  dari  kesungguhanku untuk  menjadi  biarawati  yang  baik? Pimpinanku  waktu  itu dalam  onderiting ( pelajaran  umum )  pernah  bilang :"  Apa  saja  yang  membuat  hatimu  melekat buanglah, musnahkanlah".

Wui  saya  jadi  sedih  dan  menangis,karena  saya  harus  berpisah  denganmu. Padahal  dirimu  adalah  PACAR PERTAMAKU, Ya  PACAR = ( Pengisi  Acara )  hari-hariku. Saya  membawamu  ke kebun  belakang  tempat  pembakaran  sampah.Ternyata  jadi  biarawati  itu  harus  berkorban  ya?,Apa  tidak  boleh  menulis  lagi? Padahal  ada  banyak  Santo-dan Santa  (Para  Orang  Kudus )  yang  digelarkan  gereja  itu  banyak yang  menulis  dan  berkisah, bahkan  dibukukan.

Contohnya Santa  Teresia  Avila "  Puri  Jiwa", bukunya  dan  latihan  rohani  yang  terkenal, Santa  Theresia  Liseux "  Kisah  Satu  Jiwa", Santo  Agustinus " Pengakuanku",Santo  Paulus widih  yang  satu  ini  banyak  menulis  surat  dan  tulisannya  panjang-panjang, bagiku dia  adalah  "Santo  Korespondensi "

Saya  kembali  menangis  uhuk..uhuk  berlinangan  air  mata. Rupanya  kesedihanku  terbaca  oleh  Sr  Maria  Xavera, orang  Jerman  yang  saat  itu  sebagai  provincial.Dia  sedang  berdoa  dikebun lalu  saya  ditanya  mengapa  menangis?  Kuceritakan  segala  gundah  gulanaku.  Jawabnya :"  Ne..ne..ne  mengapa  diarymu  kamu  bakar  dan"

Ternyata  saya  salah  tangkap, seorang  calon  suster  yang  mau  menerima  busana  biara itu  masih boleh  menulis  dan  punya  buku  harian. Kalau  nasi sudah  menjadi  bubur, masih  biasa  enak  dimakan  ya diary. Apalagi  diberi  abon  dan teri  Medan, uueenaknya  nggak  ketulungan.

Tapi  ini  dirimu  sudah  jadi  Abu, hitam  legam, hancur  lebur  puranda  seperti  lagunya penyanyi  dangdut  Ida  Laela, ha..ha..ha, ingat  itu  saya  jadi  tertawa, karena  kebodohanku.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun