Mohon tunggu...
Monika Ekowati
Monika Ekowati Mohon Tunggu... Guru - Seorang biarawati Tarekat SND--> ARTIKEL yang kutulis ini khusus untuk KOMPASIANA Jika muncul di SITUS lain berarti telah DIJIPLAK tanpa IJIN PENULIS !

Betapa indahnya hidup ini, betapa saya mencintai hidup ini, namun hanya DIA yang paling indah dalam Surga-Nya dan dalam hidupku ini, saya akan mencintai dan mengabdi DIA dalam hidupku ini ARTIKEL yang kutulis ini khusus untuk KOMPASIANA Jika muncul di SITUS lain berarti telah DIJIPLAK tanpa IJIN PENULIS !

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Bapakku Guruku dan Idolaku

24 Oktober 2020   15:20 Diperbarui: 24 Oktober 2020   15:32 338
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bersama bapak ibuku, usia 1 tahunku (dok pri)

Masih  terbayang  dalam ingatanku  ketika  Bapakku  akan  tiada, dia  sakit  ginjal, anfal  dan  harus  cuci  darah. Itu  terjadi  41  hari  tepat  41 tahun  umurku, ada  saudaraku  yang  bilang, saya  diminta  berdoa  khusus  untuk  bapak. Saudaraku  itu  memang  paranormal, saya  hanya  menurut  saja, ketika  saya tanya  mengapa  kog  saya  yang  harus  berdoa? Dia hanya menjawab,

"Nanti  Suster  tahu  sendiri  jawabnya."

Satu-satunya dari  6 anak  yang  golongan  darahnya  sama  dengan  bapak  adalah  diriku. Jadi  kalau  bapak  perlu  donor  ginjal sayalah  yang  bisa menjadi  pendonor. Saya  memang  punya  kedekatan  dengan  bapak, maklum  anak  sulung  dan  saya  dididik bapak  luar  biasa, lain dengan  adik-adik  saya. Bapak  berharap  sebagai  anak  sulung  saya  mesti  mandiri, tanggung  jawab, serba  bisa.  Apa  saja  yang  bapak  bisa,  dilatihkannya  kepadaku.

Ketika  sakitnya  tidak  bisa  ditangani  dikotaku, bapak  dibawa  ke  RS  Yakum  Puwodadi, dan  disarankan  untuk  cuci  darah, karena  disana  tidak  ada  peralatan  untuk  itu, maka  bapak  dibawa  ke  RS  Panti  Rapih  Yogyakarta.

 3 Minggu  kemudian  dibawa  ke RS Malang, di kota  ini  tinggal  adikku  yang  bungsu. Bapak  mendapat  perawatan  intensif  dari  Prof, dr  Jagan  yang  memang  baik  dengan  keluargaku  dan  menganggap  adikku  seperti  anak  sendiri.

Lucunya  bapak  selalu  memanggil  namaku  bila  adikku  datang  dan  membawa  buah  dll. Meskipun  ibu  selalu  menyadarkan  bahwa  saya ada  di biara, di  Pekalongan  saat  itu, dan  yang  datang  ini  anakmu  yang  bungsu.  Bapak  ingat, sadar, tertawa  tapi  selalu  terulang demikian.

Syukurlah  adikku  memakluminya, dan  tidak  sakit  hati, mereka  semua  tahu  itulah  kerinduan  yang  memenuhi  hati  bapak  padaku, meskipun  saya  juga pernah  menunggui  beberapa  hari  sewaktu  di  Yogya, namun  bapak  selalu  menganggap bahwa  adikku  yang  bungsu  yang  tinggal  bersamanya serumah  adalah  diriku.

Sungguh  tepat  41  hari, ketika  itu  saya  merayakan  Pesta Nama  Sr Provincial. Kami  mengadakan  acara  sehari  penuh  dengan  berbagai  kegiatan  dan lomba. Pagi hari layaknya  seorang  mayoret, saya  memimpin  peleton  yang  siap  mengikuti  atraksi,  meskipun  hatiku  gundah  entah  apa  sebabnya, saya  memaksanya  untuk  bergembira,  karena  hari  ini  hari  pesta.

Memang  sih, seminggu  sebelumnya  saya  bermimpi,  bapak  naik  kereta  kencana  yang  lengkap  dengan  4  kuda  putihnya, beberapa  hari  saya  juga mencium  bau  bunga  semerbak  luar  biasa  di  ruang  kerja  saya.  Rupanya  mimpi  dan  harumnya  bunga  yang  tak  tahu  dari  mana  asalnya  ini merupakan  tanda.  Mimpi  itu  juga  sama  dengan  mimpi  ibuku.

Hari  itu  saya  mengikuti  lomba  melukis dan  ikut  memeriahkan  acara  sehari.Memang ada  khabar  bahwa  bapakku  dalam  keadaan  kritis,  tapi  Suster pimpinan  melarang  memberitahukan  hal  itu  kepadaku, namun  ada  seorang  suster yang  dekat  dengan  keluargaku, membisikiku  bahwa  bapak  dalam keadaan  kritis, maka  setelah  saya  selesai  melukis  saya  langsung  menuju  kapel untuk  berdoa  dan  mohon  kekuatan  serta  jalan  yang  terbaik  bagi bapakku  terkasih.

Aneh  memang, ikan  menjadi  bau  dan  nasi  yang  dimasak  pagi  menjadi  basi  ini  suatu  pertanda  juga  bahwa  ada  berita  duka.  Seusai  makan  siang kami  mendapat  berita  bahwa  ayah  dari salah  satu  susterku  dipanggil  Tuhan,maka  setelah  makan  saya  cepat  kekantor  untuk  kirim  berita  duka  ke generalat  Roma, agar  berita  itu  disebarkan  keseluruh  dunia, dimana  SND  berada.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun