Mohon tunggu...
Monica Yessi
Monica Yessi Mohon Tunggu... Lainnya - Bachelor of Communication Science, concentration in Strategic Communication, University of Atma Jaya, Yogyakarta

Hi!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengenal Lebih Dalam dengan Youth Community Indonesia!

18 Maret 2021   00:19 Diperbarui: 18 Maret 2021   00:30 837
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.google.com/url?sa=i&url=https%3A%2F%2Fwww.kompasiana.com%2Fstellazefanyaa5683%2F603f4ad48ede4846232e55b2%2Fberkembang-bareng-youth-communi

Halo teman-teman! Perkenalkan nama saya Yessi, mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Jurusan saya ilmu komunikasi. Jurusan ini sangat seru, mengapa begitu? 

Menurut saya, mata kuliahnya menarik, terutama mata kuliah analisis sosial! Di mata kuliah ini, saya belajar menganalisis sebuah komunitas. Walaupun saat ini tidak bisa melakukan observasi secara langsung, saya dan tim saya melakukan observasi secara online. Pandemi bukan sebuah halangan untuk belajar dan mengenal lebih dalam komunitas yang saya dan tim pilih.

Minggu lalu, saya dan tim mempresentasikan hasil analisis online yang kami lakukan. Uniknya, kami mempresentasikan komunitas kami melalui platfrom Instagram dengan metode siaran langsung bersama dosen dan tim saya. 

Komunitas yang kami pilih yaitu, Youth Community Indonesia atau bisa disebut sebagai YCI. Kami mempresentasikan hasil dari observasi dari Instagram @official_yci dan hasil dari wawancara dengan ketua Youth Community Indonesia di wilayah YCI pusat.

Awalnya, saya dan tim hanya paham bahwa, Youth Community Indonesia merupakan komunitas yang bergerak dibidang kepemudaan yang mengarah pada edukasi atau pendidikan. Dari situ kami berpikir bahwa, tujuan komunitas YCI sebagai wadah bagi pemuda dan pemudi untuk mengembangkan potensi dan kreativitasnya. 

Ternyata, bukan hanya itu, tujuan lain dari YCI sangat mulia! Tujuannya yaitu, mengajak pemuda dan pemudi supaya memiliki kepedulian terhadap bangsa dan memiliki kerinduan untuk berkontribusi bagi bangsa. Lalu, kami juga menceritakan sejarah singkat bagaimana terbentuk komunitas ini. 

YCI terbentuk diawali dengan membuat grup chat whatsapp untuk membahas isu-isu yang ada dikalangan anak muda. Kemudian, YCI memutuskan untuk membuat akun Instagram agar dapat menjangkau anak muda secara lebih luas.

Kegiatan-kegiatan dari komunitas YCI sangat menarik dan bermanfaat. Kegiatan tersebut yaitu, webinar, campaign, dan kelompok belajar. Saya sudah pernah mengikuti salah satu dari kegiatan tersebut, yaitu webinar. Dari kegiatan tersebut, tentu saya mendapatkan ilmu dan pengalaman. 

Menariknya, webinar YCI ini gratis dan mendapatkan E-Certificate. Tidak hanya webinar, kegiatan bermanfaat dan menarik juga terdapat pada kegiatan campaign. 

Kegiatan ini bertujuan membantu mereka yang kurang beruntung. Caranya? Campaign.com membuat aplikasi yang bernama Campaign #ForChange. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun