Mohon tunggu...
Monica ClarizaAngelie
Monica ClarizaAngelie Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa

Hobi mengunjungi tempat dengan desain interior yang menarik.

Selanjutnya

Tutup

Home Pilihan

Common vs Uncommon Clay Products and Furniture

22 November 2022   20:52 Diperbarui: 22 November 2022   21:09 116
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Home. Sumber ilustrasi: Unsplash

Apa itu clay products & furniture? Clay products adalah produk yang dibuat dengan olahan tanah liat sebagai bahan utamanya, produk yang dibuat dari tanah liat bisa menjadi macam - macam barang yang umumnya adalah tableware. Pada umumnya produk yang dibuat dengan olahan tanah liat ini memiliki ukuran yang kecil sampai sedang. 

Mengapa produk tanah liat cenderung berukuran kecil? Hal itu dikarenakan tanah liat adalah material yang berat apabila digunakan dalam jumlah yang banyak. 

Common dan Uncommon itu apa sih? Common adalah bahasa inggris dari kata umum dan uncommon dalam bahasa indonesia berarti tidak biasa. Jadi bagaimana produk tanah liat terlihat umum dan tidak biasa?

Produk tanah liat yang sering kita temui biasanya berupa tableware, arti kata tableware dalam Kamus Bahasa Inggris – Indonesia adalah kb. Alat - alat makan - minum, barang - barang pecah - belah. Kali ini kita akan mengulik produk tanah liat yang berbeda. 

Berbeda seperti apa? Produk tanah liat berupa furnitur jarang sekali ditemui. Hal itu membuat produk interior berupa olahan tanah liat menjadi produk yang tidak biasa. Tidak biasa ditemui dan tidak biasa dibuat dalam jumlah yang banyak. 

Produk interior berupa furnitur sendiri merupakan produk yang luasan atau ukurannya cukup besar. Hal itulah yang membuat produk tanah liat berupa produk interior jarang ditemui. 

Mengapa produk tanah liat berupa produk interior jarang ditemui dan menjadi produk yang tidak biasa? Itu dikarenakan dalam pembuatan produk tanah liat terdapat beberapa teknik dan alat yang digunakan, teknik yang digunakan seperti menggunakan mesin putar atau wheel dan cetakan. 

Dalam menggunakan mesin putar atau wheel ukuran dan berat tanah liat tidak bisa terlalu besar karena kapasitas tangan serta kekuatan kita dalam membuat suatu produk menggunakan mesin wheel ini cukup terbatas. 

Sebelum masuk dalam proses pengglasiran atau finishing produk tanah liat wajib dijemur, dalam penjemuran ini perlu waktu 1 hari apabila cuacanya baik, tetapi dalam pembuatan produk yang cukup besar memerlukan waktu yang cukup lama dalam pengeringan. 

Bukan hanya itu dalam membuat produk tanah liat juga memerlukan finishing yang biasa disebut glazir, jika membuat produk interior yang ukurannya cukup besar maka memerlukan tambahan waktu, tenaga, dan bahan yang lebih banyak. 

Untuk membuat produk tanah liat juga diperlukan tungku/oven besar untuk membakar produk tersebut. Produk interior yang ukurannya besar sangat memakan tempat dalam pembakaran sehingga kita tidak bisa membuat dalam jumlah yang banyak.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Home Selengkapnya
Lihat Home Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun