Mokh Atik
Mokh Atik

Mengenal Berarti Lahir Bersama

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Teknik SEO dan Tenaga Kehumasan

12 September 2018   09:47 Diperbarui: 12 September 2018   09:59 272 0 0

Kejadian ini sering kita alami setiap kali kita mencari sesuatu di mesin pencari macam Google, Bing, Yahoo dsb. Kita menjumpai berbagai situs yang tidak jelas di halaman pertama di masing-masing situs pencari tersebut. 

Kenapa terjadi hal tersebut?. Itulah yang dimaksud teknik SEO (Search Engine Optimization).  Lalu apa itu SEO? 

Pengertian SEO atau Optimisasi mesin pencari adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritme mesin pencari tersebut (wikipedia).

Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Ada poin penting yang bisa kita ambil dari pengertian SEO diatas yakni bahwa dengan SEO maka apa yang ingin kita informasikan dengan cepat kepada pembaca. Dengan tampilnya halaman web yang kita kelola maka semakin besar peluang informasi yang ingin kita sampaikan cepat diakses oleh pengunjung mesin pencari. 

Lalu apa hubungannya dengan humas?

Dari pengertian diatas maka fungsi humas dan fungsi SEO adalah sama yaitu menyampaikan informasi kepada masyarakat (pembaca). Disinilah peran seorang humas untuk mengetahui bagaimana teknik SEO bekerja. Saat ini mungkin banyak diantara orang yang bekerja di bidang kehumasan terutama yang mengelola konten laman resmi instansi mereka tidak mengetahui bagaimana teknik SEO diterapkan dalam meningkatkan trafik kunjungan ke lamannya. Mereka hanya mengunggah konten lalu dibiarkan begitu saja tanpa memperhitungkan apakah kunjungannya akan banyak atau tidak.

 Penting bagi seorang tenaga kehumasan untuk mempelajari teknik SEO sehingga apa yang mereka tuliskan dapat menjangkau banyak pembaca. Banyak artikel tentang SEO yang tersedia di kolong jagad maya. Selain itu banyak juga grup yang membahasa teknik SEO untuk sekedar mendapatkan penghasilan untuk sesuap nasi. Bahkan ada beberapa diantara mereka mendapatkan penghasilan mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah dari hasil teknik SEO yang mereka pelajari.

Sebagai contoh seperti Dian Umbara yang mendapatkan penghasilan ratusan juta dari internet dan pendiri grup Sekte Karungan, trus Eka Lesmana seorang angon bebek yang menjadi jutawan dari blog dan masih banyak lainnya. Teknik SEO bagi seorang humas ada dua fungsi yakni sebagai penunjang kompetensi tenaga kehumasan dan sebagai ladang penambah penghasilan dari internet.

Sekian terima kasih semoga tulisan ini bermanfaat.