Mohon tunggu...
moh thosim
moh thosim Mohon Tunggu... Guru - Pasuruan

Biografi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Negeri 7 Pekat, Rutin Baca Yasin setiap Jum'at

29 Oktober 2021   08:27 Diperbarui: 29 Oktober 2021   08:29 91 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Negeri 7 Pekat, Rutin Baca Yasin Setiap Jum'at

Pekat- Ratusan siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 7 Pekat beserta guru, staf TU dan kepala sekolah memanjatkan doa yasin bersama di Musolla sekolah, Jumat (29/10) hari ini.

Di SMP Negeri 7 Pekat tersebut, ternyata memang mewajibkan seluruh siswanya membaca yasin dan berdoa di sekolah setiap hari Jumat sebelum pelajaran dimulai. Hal ini sebagai bagian pendidikan karakter yang diterapkan sekolah tersebut kepada para muridnya.

"Kegiatan baca yasin ini sudah lama, biasanya dilakukan di halaman sekolah," ujar Kepala SMP Negeri 7 Pekat, Arif Munandar, S.Pd saat ditemui usai pelaksanaan baca yasin bersama.


Dijelaskan Arif Munandar, tujuan kegiatan baca yasin bersama-sama ini untuk memperdalam lagi siswa-siswinya membaca Al-Qur'an. Selain itu, juga ditujukan agar seluruh siswanya terbiasa membaca Al-Qur'an di sekolah.

Efek positifnya, sambung Jamhuri, kegiatan itu untuk membatasi anak-anak didiknya dari perilaku yang tidak baik. "Kegiatan ini untuk membentengi anak-anak dari perbuatan kenakalan remaja yang menimbulkan dosa," kata dia.

Setiap pelaksanaan kegiatan, jelasnya, pembacaan yasin dipimpin oleh guru agama di sekolah. Lanjutnya, ia berharap dengan kegiatan baca yasin dan membaca doa-doa sehari-hari tersebut, dapat meningkatkan kecerdasan siswa dalam menerima pelajaran di sekolah.

Negeri 7 Pekat, Rutin Baca Yasin Setiap Jum'at
Negeri 7 Pekat, Rutin Baca Yasin Setiap Jum'at

"Semoga dengan adanya kegiatan ini anak-anak didik kami bertambah kecerdasannya dalam menerima pelajaran di sekolah," ungkapnya.
Selanjutnya, usai kegiatan membaca surat yasin bersama hari Jumat, para siswa dengan juga mendapat arahan dan motivasi dari kepala sekolah.

"Setiap Jumat selesai membaca yasin, juga kita manfaatkan untuk menyampaikan semacam nasihat kepada siswa dan motivasi sehingga mereka benar- benar mendengarkan dan mengamalkan," tuturnya.

Disamping itu, nasihat untuk diri siswa, siswa juga di ingatkan sikap kepada orangtua maupun sesama seperti apa. Sehingga perilaku baik, lanjutnya, bukan hanya di sekolah ditunjukan, tetapi di luar sekolah juga diterapkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan