Mohon tunggu...
Moh Ikhsani
Moh Ikhsani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Senang menulis topik sepak bola.

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

4 Pemain Liga Top Eropa yang Bermain di Liga Qatar

15 November 2023   08:51 Diperbarui: 15 November 2023   09:33 516
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Marco Verratti berseragam Al-Arabi. Sumber gambar: Instagram/@marco_verratti92

Saat ini, banyak pesepak bola yang bermain di Eropa tidak lagi bermain hingga gantung sepatu juga di Eropa. Banyaknya tawaran yang menggiurkan serta menurunnya penampilan, menjadi alasan untuk bermain di luar Eropa. 

Dalam beberapa tahun terakhir, tidak sedikit pesepak bola yang memilih pindah ke liga-liga di Asia, seperti Saudi Pro League (SPL) dan Qatar Stars League (QSL).

Bukan sebuah fenomena baru apabila banyak pesepak bola yang memilih pindah ke liga-liga di Asia. Sebelumnya, telah ada China Super League (CSL) yang juga gencar mendatangkan pemain-pemain bintang eks liga-liga top Eropa. 

Tawaran gaji yang jauh lebih tinggi daripada bermain di Eropa, menjadi faktor banyak pesepak bola bermain di Asia. Berikut ini empat mantan pemain liga-liga top Eropa yang sekarang bermain di Liga Qatar.

1. Philippe Coutinho

Setelah malang melintang bermain di liga-liga top Eropa, Philippe Coutinho yang pernah mengangkat trofi Liga Champions, kini bermain di Asia. Walaupun hanya berstatus sebagai pemain pinjaman dari Aston Villa, pemain berusia 31 tahun itu akan berseragam Al-Duhail SC hingga 30 Juni 2024. Kepindahannya ke Qatar Stars League terjadi pada 8 September 2023 dengan biaya Rp173 miliar.

Sebagaimana diketahui, pemain kelahiran Rio de Janeiro, Brasil itu pernah membela banyak klub di Eropa. Mulai dari Internazionale Milano, Espanyol, Liverpool, Barcelona, Bayern Munich, dan yang terakhir Aston Villa. Bersama Al-Duhail SC, Philippe Coutinho telah memainkan enam pertandingan dengan torehan tiga gol dan satu assist.

2. Marco Verratti

Setelah lebih dari sebelas musim bermain untuk Paris Saint-Germain, Marco Verratti meneruskan kariernya dengan bermain di Qatar Stars League. Pemain berusia 30 tahun yang telah memainkan 416 laga bersama PSG itu didatangkan pada 13 September 2023 dengan biaya lebih dari Rp780 miliar. Verratti akan berseragam Al-Arabi SC hingga 30 Juni 2025 dan menjadi pemain termahal yang pernah didatangkan ke Liga Qatar.

Memulai debut pada 23 September 2023 saat melawan Al-Rayyan, Marco Verratti kini telah bermain dalam empat pertandingan dengan kontribusi satu assist. Di Al-Arabi, Verratti bermain bersama Abdou Diallo, mantan rekannya di PSG yang sebulan lebih dahulu bergabung dengan klub yang bermarkas di Doha tersebut. Pemain yang berposisi sebagai gelandang tengah itu juga akan mendapatkan gaji yang jauh lebih besar daripada saat bermain di PSG.

3. Rafinha Alcantara

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun