Mohon tunggu...
Moh Ikhsani
Moh Ikhsani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Sastra Indonesia

Sedang belajar menulis. Menulis yang terlintas di kepala.

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Escape from Pretoria (2020), Antara Politik dan Kebersamaan Perbedaan Ras

24 Juli 2022   15:02 Diperbarui: 22 Agustus 2022   11:18 100 9 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber foto: alamy.com

Menceritakan kembali sejarah yang pernah terjadi di masa lalu dapat dilakukan dengan beragam cara, mulai dari menulisnya menjadi sebuah buku maupun membuatnya menjadi sebuah film.

Escape from Pretoria (2020), sebuah film yang berdurasi 1 jam 45 menit bergenre sejarah yang diambil dari kisah nyata, menceritakan tentang pelarian dua orang kulit putih yang menjadi tahanan politik dari penjara super ketat di Afrika Selatan.

Mengambil latar di ibu kota Afrika Selatan, Cape Town pada 1978. Cerita dimulai dari tokoh Stephen Lee dan Timothy Jenkin yang merupakan anggota dari ANC (African National Congress), sebuah partai politik di Afrika Selatan yang dipimpin oleh Nelson Mandela.

Jenkin dan Stephen melakukan sebuah misi kampanye berupa perlawanan terhadap politik apartheid (pemisahan berdasarkan warna kulit) yang dilakukan oleh pemerintahan kulit putih Afrika Selatan terhadap penduduk kulit hitam di Afrika Selatan.

Mereka melakukan misi anti apartheid dengan meledakkan bom rakitan berdaya ledak kecil untuk menghamburkan puluhan hingga ratusan lembar kertas di jalanan yang berisi ajakan pada masyarakat agar sadar bahwa kebebasan dan kesetaraan ras harus diperjuangkan meskipun harganya sangat mahal.

Hal itu mereka lakukan karena sejalan dengan tujuan berdirinya ANC (Kongres Nasional Afrika), untuk melakukan misi anti apartheid.

Berkat perlawanan yang mereka lakukan itu, Jenkin dan Stephen ditangkap oleh otoritas pemerintahan kulit putih Afrika Selatan dan dijatuhi hukuman penjara dua belas dan delapan tahun.

Mereka mendekam di sebuah penjara khusus untuk orang kulit putih di ibu kota Pretoria yang berjarak lebih dari 1.450 KM dari Cape Town.

Di sana mereka bertemu dengan tokoh Leonard, tahanan lain yang sudah menjalani hukumannya selama 20 tahun. Mereka bertiga menjadi kawan baik, dan merencanakan cara untuk kabur bersama dari penjara super ketat itu.

Mereka kabur dari penjara setelah lebih dari 404 hari merancang strategi, berkat kecerdikan Jenkin, mereka berhasil kabur dari penjara pada sore hari berkat tiruan kunci sel tahanan dari potongan kayu yang dibuat oleh Jenkin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan