Mohon tunggu...
Mohammad Wildan Akbar Alfawwaz
Mohammad Wildan Akbar Alfawwaz Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa aktif UIN Syarif Hidayatullah Jakarta-fakultas FITK jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial

memiliki hobi yang tidak biasa

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pendidikan Islam yang Tidak Menolak Kemajuan Teknologi

7 Desember 2022   13:39 Diperbarui: 7 Desember 2022   14:02 70
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pada belakangan ini,banyak masyarakat di Indonesia menganggap bahwasanya ilmu pengetahuan islam itu tidak cocok untuk kehidupan modern saat ini atau dengan kata lain pendidikan islam itu "kuno".

Padahal kalau kita mengamati lembaga pendidikan islam saat ini sudah sangat maju.Bahkan bisa bersaing dengan lembaga pendidikan non-islam ataupun lembaga pendidikan milik pemerintah.

Pandangan masyarakat pada hal tersebut didasari karena mereka menganggap kalau pendidikan islam itu hanya tentang bagaimana siswa beragama dengan baik tanpa mengembangkan potensi siswa di bidang lain.seperti;sains teknologi,pengetahuan sosial,dan ilmu umum lainnya.

Pada kenyataannya, banyak lembaga pendidikan islam saat ini didalam kurikulumnya sudah berhasil menggabungkan antara ajaran-ajaran islam dengan ilmu umum. Yang dibuktikan dengan banyaknya siswa dari lembaga pendidikan islam yang dapat bersaing pada beberapa penyelenggaraan Olimpiade beberapa mata pelajaran umum.

Banyak masyarakat berasumsi bahwa menimba ilmu di lembaga pendidikan islam seperti pondok pesantren hanya mendidik siswa-siswi nya untuk menjadi pendakwah. Mereka berfikir bahwa lulusan pondok pesantren tidak dididik untuk memiliki profesi lain.

Menurut opini saya,saya kurang setuju dengan pendapat masyarakat yang seperti itu karena kita sebagai umat Islam harus memiliki sandaran hukum dalam hidup yaitu berupa Al-quran dan As-sunnah.Yang dimana kita bisa memanfaatkan lembaga pendidikan islam seperti pondok pesantren untuk mencari hal tersebut.

Untuk ilmu pendukung seperti sains dan ilmu umum lainnya bisa kita dapatkan di kelas umum,karena kebanyakan pondok pesantren Modern sekarang ini berusaha untuk menyeimbangkan antara pelajaran umum dan ilmu ajaran islam di dalam kurikulum mereka.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun