Mohon tunggu...
Sir Nana Mr Thoriq
Sir Nana Mr Thoriq Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis dan Mbah Siswa nama asli Mohammad Thoriqun Naja

Mencoba Menjadi Content Writer, Semoga Ga ada yang baca karena iseng dan kegabutan Mahasiswa semester 7 salah satu Universitas Luar Negri. Setiap hari hobinya rebahan dan sambat (berkeluh kesah). Terutama terkait penulisan skripsi saya yang terkendala dengan berbagai kesibukan mencari rupiah, desakan ekonomi lebih tepatnya.

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Pentingnya Penggunaan Topik pada Suatu Essai

6 November 2021   12:36 Diperbarui: 1 Desember 2021   15:02 184
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hai sobat sambat, Salam literasi

Ketemu lagi nih kita dengan saya tukang sambat sekampus. hari ini kita mau ngebahas topik yang agak kurang ajar. 

Topik apa itu topik minngu lalu, gua belajar bagaimana caranya menentukan sebuah topik agar bisa mempermudah kita dalam pembuatan sebuah essai. Topik yang baik adalah topik yang dapat mencermikan kita dan kemauan kita, sehingga apabila suatu topik cenderung kontra dengan apa yang kita inati atau kita inginkan hal tersebut dapat menghambat dalam penulisan sebuah essai.

Ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam pemilihan essai tersebut. Diantaranya adalah pilihan kata atau diksi misalkan gue sendiri seneng ngebahas teknologi. maka pilihlah topik essay yang masih ada bahasan tentang teknologi. misalnya "Pemanfaatan teknologi di bidang pendidikan" atau "Manfaat teknologi untuk kehidupan sehari-hari", agar menjadi essai yang menarik untuk dibaca dan menjadi bermanfaat sob untuk pembaca.

Dan lagi perlu disadari bahwa ga semua topik itu bisa relate atau nyambung ke kehidupan ita sering-sering baca buku, agar penulisan kalian ada yang realte dengan pengalaman membaca yang jadi bagian dari hidup kalian kalo menurut gua begitu. Yah ini pengelaman gua pribadi kalau kalian mau coba silahkan.

Terakhir ga perlu ragu lagi kata dosen gua kalian harus mencoba dan terus mencoba, belajarlah dari berbagai kegagalan yang kalian hasilkan. Sehingga kalian akan menjadi dapat menulis dengan topik yang baik.

Seperti itulah setidaknya  cuman gua kurang enak mau ngebahas ini, cuman kaya mungkin sedikit sharing pengetahuan dan pengalaman ga ada salahnya. Dan kalian harus tau dalam menulis ataupun ngomong kita harus pandai dalam memilih atau membuat topik. Maaf segini dulu ya sob sampai jumpa ditulisan gua.

Salam literasi, Sobat sambat

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun