Mohon tunggu...
Mohammad Syarrafah
Mohammad Syarrafah Mohon Tunggu... Penulis

Pernah belajar di TEMPO memungut serpihan informasi di jalanan. Bisa dihubungi di email: syarraf@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Kembangkan UMKM, Bu Risma Kerja Sama dengan Facebook

16 Juli 2019   05:14 Diperbarui: 17 Juli 2019   12:41 0 1 1 Mohon Tunggu...
Kembangkan UMKM, Bu Risma Kerja Sama dengan Facebook
Bu Risma saat mengobarkan semangat pelaku UMKM saat acara #SheMeansBusiness/Dok. Humas Pemkot Surabaya

Program Pahlawan Ekonomi dan Pejuang Muda yang terus digalakkan oleh Pemerintah Kota Surabaya semakin hari semakin banyak peminatnya. Mereka semakin massif dan terus berjuang untuk meraih kesuksesannya.

Adapun salah satu rahasia sukses kedua program ini adalah kerjasama dengan Facebook dalam bentuk program #SheMeansBusiness. Kerjasama dengan Facebook ini sudah terjalin sejak 2016 dan terus berlanjut hingga saat ini.

Program tersebut membekali para perempuan wirausaha dengan ilmu, koneksi, ketrampilan dan teknologi yang dibutuhkan dalam membangun dan mengembangkan bisnis mereka.

Sejak 2016, program Pahlawan Ekonomi bersama #SheMeansBusiness menjalin kolaborasi melalui rangkaian workshop, sesi pelatihan, dan sumber materi acuan untuk keterampilan digital.

Selain itu, #SheMeansBusiness juga membekali anggota Pahlawan Ekonomi dengan ilmu, koneksi, keterampilan dan teknologi yang dibutuhkan.

Meski begitu, program ini tidak hanya sekadar mengenalkan ke platform-platform sosial media mereka, seperti Facebook, Instagram dan Whatsapp, melainkan juga mengenalkan apa saja alat gratis yang bisa dimanfaatkan oleh UMKM perempuan untuk memajukan bisnisnya.

Di samping itu, program itu memberikan edukasi kepada para pelaku UMKM bagaimana mereka bisa melakukan customer service yang baik melalui Whatsapp.

Selain itu, dalam program tersebut, pelaku UMKM yang tergabung dalam Pahlawan Ekonomi juga diajarkan meningkatkan penjualan melalui berbagai platform sosial media.

Setiap tahun, program Pahlawan Ekonomi dan Pejuang Muda selalu dibuka dengan seremonial. Nah, di acara itu Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini seringkali mengobarkan semangat para peserta pelatihan untuk terus berinovasi, karena kalau tidak berinovasi akan ketinggalan.

Pada suatu kesempatan, Wali Kota Risma juga kepada para peserta yang baru bergabung dalam PE dan PM agar mereka mendaftarkan merk paten produknya. Harapannya, agar brand yang sudah dibuat itu tidak ditiru oleh orang lain.

"Tahun 2020 perdagangan pasar bebas sudah masuk di kota kita. Saya tidak mau Bapak Ibu sekalian kalah dan menjadi penonton di kotanya sendiri. Buat saya kalau Ibu sukses, itu adalah keberhasilan saya," jelasnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN