Mohon tunggu...
Mohammad Sofyan
Mohammad Sofyan Mohon Tunggu... Indonesia Shipping Zones

Programer penelitian sosial ekonomi. Saat ini menjabat sebagai Sekretaris Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Kualitas Layanan Jasa Logistik PT Kadiri Logistik Cargo

13 Mei 2021   08:00 Diperbarui: 13 Mei 2021   07:59 178 2 0 Mohon Tunggu...

TANTANGAN JASA PENGIRIMAN BARANG DI MASA PANDEMIK COVID-19

Dimasa pandemic Covid-19 yang sampai saat ini masih melanda Negara Kesatuan Republik Indonesia, berdampak terhadap dunia bisnis secara keseluruhan, demikian juga bisnis jasa pengiriman barang juga terdampak. Jasa pengiriman barang dengan truk mengalami penurunan sebesar 60% dari kondisi normal sebelum pandemic covid-19. Tahun 2021, masuk tahun kedua pandemic covid-19, Jasa ekspedisi sudah mulai membaik walaupun tidak sebaik sebelum masa pandemic Covid-19. Di tahun 2021 ini juga, ekonomi digital berkembang pesat yang berdampak pula pada membaiknya sektor jasa ekspedisi, dan diharapkan  semakin membaik memasuki bulan ramdhon dan idul fitri tahun ini.

PT KADIRI LOGISTIK CARGO mulai berdiri sejak 04 Januari 2017 yang bertempat di Kediri Jawa Timur. Bermula dengan membuka layanan pengiriman kargo udara port to port. Seiring dengan berkembangnya PT. KADIRI LOGISTIK CARGO mulai membuka layanan darat dan laut. Karena semakin meningkatnya permintaan pengiriman barang, PT. KADIRI LOGISTIK CARGO memperluas jaringan dengan membuka Agen di wilayah Jawa dan Bali yang melayani pengiriman ke seluruh Indonesia. Dengan Agen/Mitra KLC yang tersebar di pulau Jawa dan Madura, membuat PT. KADIRI LOGISTIk CARGO menjadi salah satu perusahaan jasa pengiriman barang yang patut diperhitungkan keberadaannya.


KUALITAS LAYANAN PT. KADIRI LOGISTIK CARGO

Kualitas layanan jasa pengiriman menjadi prioritas utama PT. KADIRI LOGISTIK CARGO untuk menjaga eksistensinya dalam usaha jasa pengiriman barang yang murah, cepat, dan aman.

Kualitas layanan yang handal adalah seberapa jauh perbedaan antara kenyataan dan harapan pelanggan atas layanan yang diterima, jika kenyataan melebihi dari yang diharapkan maka layanan dapat dikatakan berkualitas dan sebaliknya. Berdasarkan survey terhadap 185 orang customer PT. KADIRI LOGISTIK CARGO rekapitulasi jawaban responden, diperoleh komposisi untuk Kualitas Layanan, adalah: empathy 24%, reliability 23%, responsiveness dan assurance masing-masing 19%, dan tangibles 15%. 

Berdasakan komposisi tersebut, pelanggan merasakan kepedulian dan perhatian yang ditunjukkan oleh karyawan dan agen/mitra yang memiliki kemampuan untuk memberikan jasa sesuai dengan yang dijanjikan, terpercaya dan akurat, serta konsisten. Kemauan dari karyawan dan pengusaha untuk membantu pelanggan dan memberikan jasa dengan cepat serta mendengar dan mengatasi keluhan pelanggan. Kemampuan karyawan untuk menimbulkan keyakinan dan kepercayaan terhadap janji yang telah dikemukakan kepada pelanggan. Dan  penampilan fisik, peralatan dan berbagai materi komunikasi yang baik.

Untuk menghasilkan layanan yang berkualitas, tidak harus membutuhkan biaya yang mahal. Pelayanan membutuhkan komitmen dan keyakinan dari PT. KADIRI LOGISTIK CARGO untuk memberikan layanan maksimal kepada pelanggan. Semua karyawan dan agen/mitra yang berhubungan dengan pelanggan, harus menganggap diri mereka sebagai duta dari PT. Kadiri Logistik Cargo.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x