Mohon tunggu...
Qomarul Huda
Qomarul Huda Mohon Tunggu... Guru - Bapak satu anak

Masih belajar dunia tulis menulis

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Messi-Barca Pisah hingga Indonesia Juara Thomas Cup; Kaleidoskop Olahraga 2021

31 Desember 2021   17:49 Diperbarui: 31 Desember 2021   20:39 144
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tim bulutangkis putra Indonesia juara Thomas Cup ke-14 di Denmark (foto: detik.com)

Kalender tahun 2021 akan berakhir dalam beberapa jam ke depan. Banyak peristiwa dan kejadian yang terjadi dalam dunia olahraga selama setahun ini.  Berbagai even besar yang diselenggarakan tentu masih dalam kondisi yang terbatas mengingat masih dilanda pandemi Covid-19.

Pada tahun ini ada beberapa even internasional dan nasional yang diadakan. Sebagian yang seharusnya terselenggara tahun 2020 dan dialihkan tahun 2021. Beberapa even besar tersebut diantaranya Olimpiade Tokyo, Suzuki AFF Cup 2020, Piala Eropa, Thomas-Uber Cup, dan PON XX.

Olimpiade Tokyo. Sejatinya sesuai jadwal, Olimpiade Tokyo Jepang diselenggarakan pada tahun 2020. Namun karena situasi yang masih meninggi akibat Covid-19, diundur tahun ini walaupun masih menggunakan tahun 2020. Protokol kesehatan diberlakukan dengan sangat ketat dan pertandingan dilaksanakan tanpa penonton. 

Amerika Serikat tampil sebagai juara umum dengan unggul tipis atas China di posisi kedua. Kedua negara ini hanya terpaut satu keping emas. Ini merupakan kali ke-18 Negeri Paman Sam ini menjadi juara umum. Sementara tuan rumah Jepang berada di posisi tiga.

Sementara itu, Indonesia masih meneruskan tradisi emas Olimpiade. Cabang olahraga bulutangkis kembali menjadi andalan dengan menyumbangkan satu-satunya medali emas untuk kontingen Indonesia. Pasangan ganda putri Gresya Polii dan Apriyani Rahayu sukses meraih emas.

Di dalam negeri tahun ini juga diselenggarakan even Pekan Olahraga Nasional (PON) XX yang berlangsung di Papua. Jawa Barat berhasil mempertahankan posisi sebagai juara umum mengungguli DKI Jakarta yang berada di posisi dua. Sementara tuan rumah Papua menduduki peringkat keempat.

Pembalap legendaris MotoGP Valentino Rossi tahun ini mengumumkan pensiun dari dunia balap motor yang telah membesarkan namanya. Pembalap yang identik dengan nomor 46 ini mengakhiri prestasi gemilangnya setelah 26 tahun berkarir di lintasan motor. The Doctor merupakan salah satu pembalap terbaik yang pernah ada dengan mengoleksi sembilan gelar juara dunia.

Masih dari arena balap, kali ini datang dari dalam negeri. Indonesia akhirnya mempunyai sirkuit balap kelas dunia setelah Presiden Jokowi meresmikan Sirkuit Mandalika yang berada di Provinsi Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat. Rencananya sirkuit ini akan menjadi tuan rumah seri kedua MotoGP 2022 mendatang.

Dari arena bulutangkis, Indonesia berhasil merebut Piala Thomas 2020 yang berlangsung di Aarhus Denmark. Di final, Jonathan Christie dan kawan-kawan melibas China dengan skor 3-0. Ini merupakan gelar ke-14 sekaligus menasbihkan diri menjadi negara terbanyak yang menjadi juara Piala Thomas. Sekaligus melepas dahaga setelah terakhir kali Indonesia juara tahun 2002 atau 19 tahun yang lalu.

Kita beralih ke sepakbola. Tim nasional Italia berhasil merengkuh gelar juara Piala Eropa keduanya. Piala Eropa atau Euro 2020 juga diundur dan diadakan tahun 2021 ini. Ada hal yang menarik dari perhelatan ini. Jika biasanya ada satu atau dua tuan rumah, kali ini terdapat 11 negara sebagai tuan rumah.

Italia dan Inggris bertarung di babak final di Wembley stadium. Inggris yang notabene tampil dihadapan pendukung sendiri takluk dan Italia tampil sebagai kampium untuk kedua kali setelah unggul melalui drama adu penalti. Inggris masih harus puasa gelar walaupun diperkuat pemain-pemain kelas dunia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun