Mohon tunggu...
MOHAMAD MAARIF004
MOHAMAD MAARIF004 Mohon Tunggu... Aktor - Gizi

Saya Mohamad Fakih, seorang mahasiswa Gizi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Kegiatan PKL Gizi Universitas Negeri Semarang 2021pada Atlet Sepakbola Remaja (Pengukuran dan Menu)

6 Desember 2021   11:44 Diperbarui: 6 Desember 2021   12:14 33 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

DOKUMENTASI

Olahraga merupakan aktivitas fisik yang bertujuan untuk menjaga kebugaran tubuh (Penggalih, 2021). Olahraga dapat dilakukan oleh siapapun, oleh karena itu pengetahuan gizi olahraga juga sangat penting bagi masyarakat maupun atlet yang berprestasi. Pada masa pertumbuhan maupun perkembangan, proses kehidupan seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya asupan zat gizi.

Kekuatan dan ketahanan fisik juga berpengaruh dalam proses pertandingan sepakbola. Hal tersebut selaras dengan kondisi atlet, meskipun secara lebih khusus kebutuhan jenis dan jumlah zat gizi bagi seorang atlet akan berbeda dengan seorang yang bukan atlet. Karena, kegiatan fisik dan psikis berbeda baik selama masa latihan maupun pada saat pertandingan.

Keadaan fisik dan juga asupan gizi dapat menjadi indikator yang sudah terstandardisasi untuk mengetahui keadaan atlet, dengan malakukan  pengukuran antropometri baik itu pengukuran klinis maupun fisik. salah satu pengukuran yang sering dan dapat dilakukan setiap saat adalah BB (berat badan) menggunakan timbangan yang berkalibrasi (akurat).

pengukuran dengan timbangan digital juga menjadi solusi yang dapat digunakan, selain itu timbangan digital juga dapat mennggambarkan dimensi tubuh lain, misalnya untuk mengukur berat badan dan beberapa parameter lainnya seperti BMI, body fat, massa otot, massa tulang dan komposisi cairan tubuh. timbangan cerdas tersebut biasanya dapat dibeli dengan harga diatas +1 juta.

Kebutuhan energy harian atlet juga dapat dihitung dengan menggunakan perhitungan hasil BB dan TB. setelah diketahui kebutuhan energinya, selanjutnya dapat diaplikasikan dalam menu sehari-hari yang disesuaikan dengan jenis dietnya.

TGLWAKTUKARBOHIDRATPROTEIN HEWANIPROTEIN NABATISAYUR1PAGINasi PutihTelur Ayam JamurBrokoliSORENasi PutihUdangBuncisBrokoli2PAGINasi PutihUdangBuncisBayamSORENasi PutihTelur PuyuhTahuBayam3PAGINasi PutihIkan SalmonTempeBrokoliSORENasi PutihTelur PuyuhTahuBrokoli4PAGINasi PutihIkan TeriTempeBayamSORENasi PutihTelur Ayam JamurBayam5PAGINasi PutihCumi cumiTahuBrokoliSORERotiDaging SapiTempeBrokoli6PAGINasi PutihIkan lele / nila / bandengTahuBayamSOREKentangTelur Ayam KampungTempeBayam7PAGIMieTelur AyamTahuBrokoliSORENasi PutihTelur Ayam TempeBrokoli8PAGINasi PutihUdangBuncisBayamSORENasi PutihUdangBuncisBayam9PAGINasi PutihTelur PuyuhTahuBrokoliSORENasi PutihIkan SalmonTempeBrokoli10PAGINasi PutihTelur PuyuhTahuBayamSORENasi PutihIkan TeriTempeBayam11PAGINasi PutihTelur Ayam KampungJamurBrokoliSORERotiDaging SapiTahuBrokoli12PAGINasi PutihIkan lele / nila / bandengTempeBayamSORENasi PutihTelur AyamTahuBayam13PAGIKentangDaging AyamTempeBrokoliSOREMieTelur Ayam JamurBrokoli14PAGINasi PutihUdangBuncisBayamSORENasi PutihUdangBuncisBayam15PAGINasi PutihTelur PuyuhTahuBrokoliSORENasi PutihIkan SalmonTempeBrokoli16PAGINasi PutihTelur PuyuhTahuBayamSORENasi PutihIkan TeriTempeBayam17PAGINasi PutihTelur Ayam KampungJamurBrokoliSORENasi PutihCumi cumiTahuBrokoli18PAGINasi PutihDaging SapiTempeBayamSORERotiIkan lele / nila / bandengTahuBayam19PAGINasi PutihTelur AyamTempeBrokoliSOREKentangDaging  SapiTahuBrokoli20PAGIMieTelur Ayam JamurBayamSORENasi PutihUdangBuncisBayam21PAGINasi PutihUdangBuncisBrokoliSORENasi PutihTelur PuyuhTahuBrokoli22PAGINasi PutihIkan SalmonTempeBayamSORENasi PutihTelur PuyuhTahuBayam23PAGINasi PutihIkan TeriTempeBrokoliSORENasi PutihTelur AyamJamurBrokoli24PAGINasi PutihMujairTahuBayamSORERotiDaging SapiTempeBayam25PAGINasi PutihIkan lele / nila / bandengTahuBrokoliSORENasi Putihras-Telur Ayam TempeBrokoli26PAGIKentangTelur Ayam TahuBayamSOREMieTelur Ayam KampungJamurBayam27PAGINasi PutihUdangBuncisBrokoliSORENasi PutihUdangBuncisBrokoli28PAGINasi PutihTelur PuyuhTahuBayamSORENasi PutihIkan SalmonTempeBayam29PAGINasi PutihTelur PuyuhTahuBrokoliSORENasi PutihIkan TeriTempeBrokoli30PAGINasi PutihTelur Ayam KampungJamurBayamSORENasi PutihPindang cumiofu/tahu suteraBayam

itulah diatas sedikit penjelasan terkait dengan pengukuran tubuh dan Bagaimana membuat perencanaan menu 30 hari menggunakan bahan yang sesuai dengan kemampuan dari masing-masing individu atau jikalau di asrama sesuai dengan perencaan institusi tersebut, oke sekian sedikit tulisan yang saya tulis ini, terima kasih. -Mohamad Fakih Ma'arif 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan