Mohon tunggu...
Mohamad Fathul Fahmi
Mohamad Fathul Fahmi Mohon Tunggu... Freelancer - Full Time Freelance

Perkenalkan saya mohamad fathul fahmi. saya mempunyai minat apapun pada dunia internet.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

5 Tips Merawat Mesin Pengemasan untuk Usaha Anda

29 Mei 2021   11:00 Diperbarui: 29 Mei 2021   11:13 105 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Tips Merawat Mesin Pengemasan untuk Usaha Anda
source: id.piterest.com

Saat anda memiliki mesin yang anda gunakan untuk mengembangkan produktivitas usaha anda, pastikan anda harus merawatnya dengan baik. Pemeliharaan sebuah mesin pengemasan adalah salah satu bentuk manajemen dan memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga produktivitas secara optimal.

Pemeliharaan mesin bisa dilakukan secara efesien dengan mulai mengembangkan prosedur pemeliharaan mesin dan menerapkannya secara berulang. Kerusakan sistem harus tetap diawasi karena ini merupakan kunci dari perlu atau tidaknya perbaikan dan juga pergantian spare part mesin. Melakukan perawatan mesin dengan cara memantau yang benar, harus bisa memastikan bahwa mesin harus bersih dan bisa beroprasi dengan baik.

Perawatan mesin secara berkala memiliki beberapa keuntungan, antara lain dapat mencegah terjadinya masalah pada mesin, memperpanjang umur mesin dan menghemat pengeluaran biaya perawatan.

Akibat dari gagalnya mesin pengemasan dapat menyebabkan jalur produksi terhenti. Maka dari itu, membuat jadwal rutinitas perawatan mesin yang baik dapat mencegah waktu produksi yang hilang akibat gagalnya mesin dan penggantian suku cadang.

Berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk merawat mesin pengemasan anda, antara lain sebagai berikut:

1. Pelumasan Mesin Secara Preventif

Bagian mesin pengemasan yang terus bergerak harus diawasi secara terus menerus. Mereka harus terus dilumasi secara teratur dan mesin juga harus dilengkapi dengan setetes pelumas untuk menjaga mesin agar mesin bekerja secara lancar. Jika pelumasan preventif ini diabaikan, kerusakan akibat gesekan biasanya berakibat fatal pada kerusakan mesin.

2. Menjaga Kebersihan Mesin

Pembersihan mesin pengemasan secara berkala dan tepat waktu bisa mencegah terjadinya kerusakan mesin. Mesin kotor tidak akan bekerja secara maksimal apabila mau digunakan dan dikerjakan. Jika mesin tertutup oleh debu, kotoran, dan serpihan, ini juga dapat membuat fungsi mesin menjadi bermasalah.

Pembersihan mesin setiap hari setelah selesai digunakan dapat mencegah terjadi masalah pada mesin yang lebih besar di kemudian hari.

3. Pemeriksaan Mesin Secara Rutin

Pemeriksaan secara rutin merupakan kunci untuk memastikan mesin anda tahan lama dan bisa bekerja secara maksimal. Jika masalah pada mesin diketahui lebih awal, maka perbaikan pada kerusakan mesin dapat dilakukan dengan tepat waktu dan biaya perbaikannya lebih murah. Akan tetapi jika semakin lama masalah pada mesin dibiarkan saja, maka semakin sulit perbaikannya dan biaya perbaikan semakin tinggi harganya.

Pemeriksaan secara rutin harus memastikan bahwa mesin masih bisa bekerja secara sempurna dengan standar akurasi dan efisiensi yang sama seperti yang dilakukan pada hari pertama anda membelinya. Pemeriksaan berulang untuk semua suku cadang mesin dapat membantu mempersingkat waktu perbaikan dan mendorong penghematan pendapatan untuk bisnis Anda.

4. Mengganti Bagian Suku Cadang Secara Teratur

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN