Mohon tunggu...
Mohamad Ashabul Yamin
Mohamad Ashabul Yamin Mohon Tunggu... Guru - Guru SD yang suka menulis tetapi tidak punya "tulisan"

Ayah 3 anak, cucu seorang guru ngaji dan pemintal tali

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Membuat Cok Roll Listrik dengan Jerigen Bekas

19 Juni 2022   21:45 Diperbarui: 19 Juni 2022   23:04 146 8 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Banyak barang-barang bekas di lingkungan sekitar yang tidak terpakai tetapi sebenarnya dapat difungsikan dengan mengubahnya menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Pada artikel ini saya mencoba berbagi kepada kompasianer tentang tutorial bagaimana cara mengubah jerigen bekas menjadi cok roll listrik yang unik.

Sebelum membuat cok roll, sebaiknya persiapkan alat dan bahannya. Hal ini penting agar proses pembuatannya dapat dilakukan dengan baik.

Bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat Cok roll terdiri dari jerigen bekas. Dalam hal ini saya menggunakan jerigen bekas oli. Bahan lainnya pipa 2 in sepanjang 6-10 cm, dop 2 in, sebuah stop kontak tanam, 2 buah steker, dan kabel sepanjang 10 m (panjang kabel bisa lebih sesuai kebutuhan).

Sedangkan alat yang dibutuhkan terdiri dari bor listrik dan mata bor holesaw. Jika tidak ada bor bisa siapkan pisau cutter. Peralatan lainnya yang harus disiapkan adalah obeng.

Cara membuatnya dapat dimulai dengan melubangi jerigen pada sisi kiri tembus sampai sisi kanan. Sebaiknya lubang dibuat pada bagian tengah jerigen. Untuk melubangi jerigen gunakan bor listrik dengan mata holesaw berdiameter sebesar pipa 2 in. Lubang lainnya dibuat pada salah satu sisi depan atau belakang jerigen dengan ukuran sebesar kabel. Usahakan agar kabel longgar keluar masuk.

Sumber gambar 1
Sumber gambar 1

Jika tidak memiliki bor dapat menggunakan cutter dengan terlebih dahulu membuat pola lingkaran sebesar pipa yang disediakan tadi. Buat pula lubang kecil seukuran kabel di tengah pipa sebagai lubang masuk kabel dalam jerigen.

Masukkan pipa ke dalam lubang besar yang telah dibuat pada salah satu sisi jerigen sampai tembus ke lubang sisi lainnya. Langkah berikutnya masukkan salah satu ujung kabel ke dalam lubang kecil jerigen yang telah dibuat. Ujung kabel tersebut diteruskan ke lubang kecil yang telah dibuat pada pertengahan pipa. 

Tarik ujung kabel keluar melalui salah satu lubang pipa. Sambungkan ujung kabel tersebut dengan stop kontak tanam. Buatlah simpul pada ujung kabel agar tidak terlepas dari stop kontak. Gunakan obeng untuk menyambung ujung pipa dan stop kontak tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan