Mohon tunggu...
Mohamad Ashabul Yamin
Mohamad Ashabul Yamin Mohon Tunggu... Guru - Guru SD yang suka menulis tetapi tidak punya "tulisan"

Ayah 3 anak, cucu seorang guru ngaji dan pemintal tali

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Libur dan Kerja

16 Januari 2022   17:00 Diperbarui: 16 Januari 2022   17:04 66 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Libur adalah sebuah situasi dimana seseorang menjalani masa-masa istirahat setelah bekerja atau melakukan rutinitas dalam jangka waktu tertentu. Dalam pemahaman saya, libur bertujuan untuk merefresh pikiran, memulihkan tenaga, atau membangun ulang semangat kerja baru saat kembali kepada rutinitas dasar.

Pada banyak orang libur hanya sebatas istilah, semacam kata yang hanya tertuang dalam kamus untuk melengkapi perbendaharaan kata untuk mewakili kata istirahat bekerja. Secara formal, kelompok ini tidak bekerja tetapi memanfaatkan waktu liburnya untuk menyelesaikan sisa pekerjaan yang tertunda. Dalam banyak situasi, kelompok ini adalah kelompok pekerja tak kenal ruang dan waktu. Libur dan kerja merupakan semacam dua sisi koin yang saling membelakangi namun tetap berada pada koin yang sama. Libur dan kerja menjadi tidak terpisahkan.

Pada banyak orang pula libur dapat dinikmati secara serius dengan berdiam diri di rumah sambil kumpul bersama keluarga, main petak umpet dengan anak-anak, duduk manis di beranda rumah sambil mengelus touchscreen gawainya. Libur serius juga diwarnai jalan-jalan ke mall, pusat kuliner, menikmati debur ombak, atau selfie di bawah dinginnya air terjun.

Tidak ada yang salah dengan dua kelompok penikmat masa-masa libur itu. Tidak boleh ada celah untuk saling merundung karena perbedaan cara pandang. Ke dua kelompok itu hanya menjalani hari libur dengan cara yang berbeda. Setiap orang berhak memiliki pilihan menjalani keseharian dengan caranya masing-masing selama pilihan itu positif.

Mari berbagi kegiatan hari ini. Kegiatan apa saja. Dengan berbagi setidaknya kita dapat saling melengkapi dan berbenah diri sesuai dengan kemampuan kita masing-masing.

Ahad, 16 Januari 2022

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan