Mohon tunggu...
Ekonomi

Berlian Investasi Cantik

7 Juli 2017   14:06 Diperbarui: 7 Juli 2017   14:16 0 2 2 Mohon Tunggu...
Berlian Investasi Cantik
Foto: Pixabay

Diamonds are a girl's bestfriend, dendang mendiang Marilyn Monroe. Bila menyangkut perhiasan, selalu pilih perhiasan permata yang dapat dijadikan investasi, yaitu berlian. Tak saja menunjang penampilan yang mewah berkelas, namun juga melindungi uang Anda dari risiko inflasi yang akan selalu terjadi.

Sebagai pelengkap gaya busana, perhiasan acap kali jadi pilihan. Namun, saat kondisi ekonomi tanah air semakin memprihatinkan (baik karena inflasi terus menerus hingga berbagai kenaikan biaya hidup seperti melalui pencabutan subsidi tarif listrik), cerdaslah dalam membeli aksesori tersebut. Meskipun permata imitasi yang murah terlihat berkilau cemerlang menyerupai yang asli, sadarilah bahwa kepalsuan tersebut tak bernilai dan hanya menjadi pemborosan. Oleh karena itu, bila menyangkut perhiasan, selalu pilih perhiasan permata yang dapat dijadikan investasi, yaitu berlian.

Berencana membeli perhiasan berlian? Ketahui dulu lima faktor penentu kualitas dan nilai investasinya di masa depan. Ini supaya uang yang dikeluarkan sepadan dengan hasilnya. Lima hal yang mempengaruhi nilai perhiasan berlian antara lain; karat, kejernihan, warna, potongan, dan sertifikat.

KARAT

Karat merupakan ukuran berat yang dipakai untuk berlian. Dibandingkan dengan satuan gram, satu karat setara dengan 0,2 gram. Satu karat ini pun masih dipecah menjadi seratus satuan supaya identifikasi lebih akurat.

Menaksir harga berlian berdasar karat itu tidak seperti menaksir harga emas yang relatif sama berdasar beratnya. Harga sebuah berlian empat karat tidak sama dengan harga empat berlian satu karat. Ini disebabkan kelangkaan berlian berkarat besar. Tidak itu saja, selisih karat sedikit saja bisa menyebabkan perbedaan harga yang besar. Harga berlian dua karat bisa saja dua kali lipat lebih mahal dibanding berlian 1,98 karat.

Pertimbangkan ukuran karat dalam membeli berlian. Selisih seperti yang disebutkan sebelumnya bisa menghemat uang Anda presisi karat tak menjadi masalah, apalagi bila pembeliannya memang untuk menunjang penampilan. Namun untuk tujuan investasi, presisi membuat nilai berlian lebih menguntungkan di masa depan.

KEJERNIHAN

Foto: Pixabay
Foto: Pixabay
Kejernihan berlian membuatnya mampu memantulkan cahaya sekecil apapun. Menurut wikipedia, 'kotoran' berupa mineral lain dan keretakan di permukaan atau dalam berlian akan mengurangi kemampuan tersebut. Inilah yang menyebabkan berlian terlihat kurang berkilau atau 'butek'. Acuan standarisasi kejernihan berlian yang diakui secara internasional adalah sertifikasi Gemological Institute of America (GIA). Kejernihan tertinggi diberi label dari yang terbaik berupa 'flawless category (FL)' , diikuti 'very very slightly included (VVS)' hingga 'included category (I)' sebagai kategori terendah.

WARNA

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2