Mohon tunggu...
Mochamad Reza Irdiansyah
Mochamad Reza Irdiansyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Muhammadiyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Digital

Investasi NFT Menjadi Tren Dikalangan Masyarakat Indonesia Saat Ini

18 Januari 2022   16:39 Diperbarui: 18 Januari 2022   17:14 159 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Digital. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Non Fungible Token (NFT) merupakan aset digital yang digunakan sebagai bukti kepemilikan barang berupa karya seni gambar,klip video, musik dan sebagainya. NFT dapat diperjualbelikan dengan mata uang kripto di marketplace opensea. NFT berpeluang menjadi investasi yang memberikan peluang keuntungan yang cukup besar terutama bagi masyarakat Indonesia.

Ketua Umum Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia (Apakrindo), Teguh Kurniawan Harmanda mengatakan minat masyrakat terhadap NFT meningkat secara eksponensial ditahun ini. Kini, banyak orang yang mulai mempelajari dan mencoba untuk menjual NFT di marketplace Opensea.  

NFT memiliki beberapa keunggulan, salah satunya ialah tingkat keaslian aset digitalnya. Konsep NFT memungkinkan pembeli memiliki barang asli tanpa ada yang bisa menirunya. kedepannya, investasi ini akan berbentuk mata uang kripto juga seperti Ethereum dan Bitcoin.

Namun, NFT berbeda karena keunikan dan fakta bahwa aset ini tidak bisa ditukarkan secara sembarangan. aset digital ini menciptakan kelangkaan digital yang berkebalikan dari kreasi digital lainnya yang pada umumnya berupaya memperoleh supply yang sebanyak-banyaknya. Itulah mengapa harga sebuah NFT bisa tinggi, dikarenakan membatasi supply, sedangkan permintaan tinggi dan nilai aset digital ini menjadi naik. 

Nah, NFT juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu diketahui:

Kelebihan NFT :

1. Kelangkaan NFT akan menaikkan nilainya

Pengembang NFT dapat menghasilkan token dengan jumlah terbatas. namun untuk menjaga keaslian dan keunikannya, token dilengkapi dengan nomor identitas dan hanya pihak pengembang yang bisa memutuskan untuk memperbanyak jumlahnya.token yang jumlahnya langka biasanya akan meningkatkan nilai dan harga jualnya.

2. NFT bersifat tetap

Token berbasis blockchain ini memiliki sifat tetap dan selalu meninggalkan jejak digital. token ini tidak bisa diubah,diganti atau dihapus. NFT juga bersifat unik yang artinya hanya ada satu barang yang asli dan akan menjadi identitas dari barang tersebut.

3. NFT Memiliki Kontrak Pintar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Digital Selengkapnya
Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan