Mohon tunggu...
Mochammad Syihabbudin M.Pd
Mochammad Syihabbudin M.Pd Mohon Tunggu... Guru - Founder: Ruang pendidikan

Menulis itu curhat paling total dalam sebuah perjalanan kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Belajar Menghargai Proses Perkembangan Manusia Teori Vygotsky

28 April 2021   20:59 Diperbarui: 28 April 2021   22:13 19 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belajar Menghargai Proses Perkembangan Manusia Teori Vygotsky
photo-1619622624527-60897b678ede487e23452a72.png

 

Belajar Menghargai Proses Perkembangan Manusia Teory Vygotsky

Berbicara tentang perkembangan manusia merupakan hal yang paling sulit dalam menentukan kehidupan manusia, banyak sekali teori di luar sana yang membicarakan tentang sebuah pengukuran kehidupan, salah satunya teory dari tokoh psikologi perkembangan yang sangat terkenal yakni vygotsky, dia mengatakan perkembangan hidup manusia tidak akan bisa lepas dari kegiatan sosial dan budaya sehingga menjadikan manusia itu unik dengan sikapnya sendiri. Yang menjadikan perkembangan di setiap waktunya akan terpengaruh dengan sikap yang telah di jalani oleh manusia itu baik mental, pemikiran dan kekuatan ingatannya. Teory ini sangat unik karena percaya kepada pengalaman sehingga pengaruh terbesar dari kehidupan manusia adalah prosesnya.

Coba kita renungi bersama kehidupan yang setiap hari kita lakukan apakah sudah memberikan jejak yang indah kepada diri kita, apakah kehidupan di hari -- hari kita sudah mencerminkan manusia yang sebenarnya sehingga konsep dari pengalaman yang memberikan pengetahuan dalam hidup akan terbentuk dengan sempurna dalam interaksi sosial.

Pengalaman pahit adalah hal yang paling menentukan dan mempengaruhi dalam kehidupan kita, karena semua yang luar biasa akan mempunyai proses yang panjang, akan menemui terjalnya jalan dan akan menemui jalan yang berlobang, maka dari itu sangat penting mencintai proses, mencintai langkah sehingga langkah itu yang akan mengantarkan kita dalam kesuksesan dikemudian hari.

Dan percayalah proses yang dilakukan dengan hati yang tulus secara terus -- menerus akan mendapatkan hadiahnya dikemudian hari dengan kado yang spesial hasil dari kerja kerasmu selama ini.

Tulisan : Mochammad Syihabbudin di rumah.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN