Mohon tunggu...
Mochammad Syihabbudin M.Pd
Mochammad Syihabbudin M.Pd Mohon Tunggu... Guru - Founder: Ruang pendidikan

Menulis itu curhat paling total dalam sebuah perjalanan kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Hari Perempuan Internasional, Pentingkah Dilakukan di Indonesia?

5 Maret 2021   17:09 Diperbarui: 5 Maret 2021   17:16 105
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Sedikit cerita tentang fajar yang dihiasi dengan diskusi oleh kalangan mahasiswa, tampaknya aku terterik dengan pembahasannya, diskusi itu semakin dalam dan bahkan sampai tak mengenal agama, diskusi itu terlalu melihat ke pemikiran barat.

Diskusi itu menarik membahas tentang kemerdekaan wanita di hari ini, aku mendengar sedikit katanya perempuan hanya dibuat alat, perempuan masih banyak yang nikah mudah dan katanya perempuan masih terjajah oleh laki- laki. Begitu luar biasa perempuan hari ini, keinginan untuk melawan dalam kebebasan sungguh luar biasa.

Hal itu sih wajar- wajar saja ketika mereka tau kewajiban sebagai wanita, hal itu baik baik saja ketika semuanya tak saling menyalahkan dan hal itu taj begitu aneh ketika mereka tak menyalahi dasar agama. Entah kenapa semakin sore aku menikmati percakapan mereka usaha untuk memerdekakan perempuan membuatku sangat tertarik.

Perempuan memang manusia paling aneh yang pernah aku tau, layaknya manusia yang fleksibel yang akan mencintai dirinya dan kelompoknya. Aku melihat mereka mendiskusikan tentang hak perempuan di dalam pekerjaan, mereka kayaknya juga ingin membuat diskusi strategi untuk menjadi wanita karier. Sungguh luar biasa sore ini, mengingatkanku akan sebuah momen yang hari ini harus aku pelajari lebih dalam perihal wanita hari ini.

Kalau dulu aku mengenal wanita sebagai ibu rumah tangga yang tak akan berani membantah suaminya, kalau dulu aku mengenal wanita hanya dirumah saja, kalau dulu aku juga mengenal wanita tak pernah bersuara. Tetap hari ini kenapa semuanya pada bingung untuk membebaskan diri, siapa yang mereka lihat dan siapa yang mereka contoh.

Islam memang mengajarkan wanita  dalam kesetaraan asal tidak meninggalkan kewajibanya, Islam memang tak pernah ada diskriminasi tetapi hari ini banyak wanita karier yang sudah luar biasa. Wanita kadang aku memandangnya luar biasa ketika menjadi wanita karier yang tak meninggalkan kewajibanya.

Selamat hari perempuan 2021

Tulisan : mochammad syihabbudin di caffe bob pada tanggal 05-03-2021

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun