Mohon tunggu...
Mochamad Syafei
Mochamad Syafei Mohon Tunggu... Guru - Menjaga Hati Nurani

Guru SMP Negeri 135 Jakarta. Pengagum Gus Dur, Syafii Maarif, dan Mustofa Bisri. Penerima Adi Karya IKAPI tahun 2000 untuk buku novel anaknya yang berjudul "Bukan Sekadar Basa Basi".

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Metal, Setan, dan Pemberontakan

6 September 2021   06:26 Diperbarui: 6 September 2021   07:26 178 27 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Metal, Setan, dan Pemberontakan
Kompasiana

Waktu muda sama sekali tak tersentuh oleh musik yang dinamakan metal.  Padahal, waktu itu Metallica cukup banyak penggemar. Bahkan, kabarnya Presiden Jokowi pun termasuk salah satu penggemar Metallica di negeri ini. 

Kenapa sampai tidak tersentuh musik metal? 

Karena bukan hanya bokap dan nyokap yang melarang ada penghuni rumahnya yang mengikuti aliran musik keras tersebut. Tetangga tetangga juga kompakan melarang, jadi gak bisa nyelinep di rumah teman, misalnya. 

Semua orang tua menganggap musik metal sebagai musiknya para setan.  Apalagi ada yang menjelaskan melalui jalur agama. Tak ada yang berani membantah. 

Beberapa anak bandel yang tetap menggemari musik metal diam-diam memang gaya hidupnya betul-betul urakan. Rambut gondrong, badan ceking, ngerokok tak henti. Untung tak ada narkoba di kampung. 

Mereka menjadikan metal sebagai jalur pemberontakan. Mereka memberontak terhadap entah siapa. Mungkin orang tuanya, masyarakat nya, atau mungkin dirinya sendiri. 

Melihat kelakuan beberapa anak penggemar musik metal yang seperti itu, orang tua menjadi semakin yakin jika metal merupakan representasi dari setan. Kalau sudah begitu, mau apa? 

Akhirnya, dangdut menjadi pemenang nya. Setiap sudut kampung pasti diisi dengan dayuan dangdut. Bukan setan kalau yang ini. Karena tak ada pemberontakan. Penggemar dangdut malah rajin bekerja. Dangdut adalah semangat hidup. Meski dengan lirik sedih penuh air mata. 

Sekarang justru kadang menikmati Metallica saat kemacetan yang tak mungkin dihindari. Mengasyikkan juga. Tak ada setan bersembunyi di situ. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Gayahidup Selengkapnya
Lihat Gayahidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan