Mohon tunggu...
Mochamad Syafei
Mochamad Syafei Mohon Tunggu... Menjaga Hati Nurani

Guru SMP Negeri 135 Jakarta. Pengagum Gus Dur, Syafii Maarif, dan Mustofa Bisri. Penerima Adi Karya IKAPI tahun 2000 untuk buku novel anaknya yang berjudul "Bukan Sekadar Basa Basi".

Selanjutnya

Tutup

Viral Pilihan

Kita Bisa Bersama, Toh?

19 Maret 2021   05:26 Diperbarui: 19 Maret 2021   05:42 119 32 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kita Bisa Bersama, Toh?
Kompascom

Kalau kita tinggal di kompleks perumahan yang asri, tentu sangat asik bersepeda di situ. Bukan hanya aman dari kemungkinan begal sepeda tetapi juga aman dari kemungkinan diseruduk motor. 

Tapi, lebih banyak hidup di perkampungan. Tak ada jalan mulus untuk bersepeda dengan aman. Adanya gang senggol yang saling serobot ruang yang rak seberapa itu. 

Paling bisa agak nyaman kalau ada sedikit tanah lapang. Sehingga, terutama anak anak bisa dengan senang bersepeda. Semoga RPTRA semakin banyak disediakan oleh pemerintah agar anak anak di lingkungan padat masih bisa memiliki ruang bernafas bersama yang lebih baik. 

Kalau yang punya mobil, lebih asik lagi. Bisa sepedaan di Taman Mini, di Ragunan, Monas, atau sambil menikmati pantai Ancol.  Lokasi lokasi tersebut sangat bagus sekali untuk menghabiskan hobi bersepeda siapa pun. Aman, nyaman, dan tentunya juga penuh kenangan. 

Persoalan persepedaan muncul ketika berebut ruang di jalan raya. Jalan raya yang tidak memiliki jalur sepeda. Jangankan di jalan raya yang tidak memiliki jalur sepeda, di jalan raya yang memiliki jalur sepeda pun masih sering terjadi penyerobotan. 

Pemotor di Jakarta memang tidak ada duanya. Jumlah mereka yang begitu banyak, kadang memunculkan prilaku bar bar nya. Apa pun bisa dilakukan oleh para pemotor itu. Dan semuanya hampir dapat dikatakan harus mengalah. 

Trotoar yang disediakan untuk para pejalan kaki saja, sudah terbiasa mereka serobot. Bahkan kadang pejalan kaki kena marah jika tidak memberikan ruang untuk para penyerobot bar bar tersebut. 

Apalagi cuma jalur sepeda yang hanya diberi tanda garis. Pemotor itu begitu menjengkelkan. 

Ketika bersepeda di jalan raya sebaiknya memang tidak bergerombol atau cukup satu baris saja. Sayangnya, para pesepeda itu, jika sudah berombongan juga selalu merasa jadi raja.  Mereka kadang sampai berbaris tiga baris. Kendaraan lain pun terganggu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN