Mohon tunggu...
Mochamad Syafei
Mochamad Syafei Mohon Tunggu... Menjaga Hati Nurani

Guru SMP Negeri 135 Jakarta. Pengagum Gus Dur, Syafii Maarif, dan Mustofa Bisri. Penerima Adi Karya IKAPI tahun 2000 untuk buku novel anaknya yang berjudul "Bukan Sekadar Basa Basi".

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Salah Satunya akan Menjadi Presiden Indonesia

17 September 2020   05:43 Diperbarui: 17 September 2020   06:24 816 45 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Salah Satunya akan Menjadi Presiden Indonesia
Anies, Ganjar, RK. Republika.co.id

Berharap ada regenerasi memang wajar.  Setiap pemimpin, baik negara maupun perusahaan harus bersiap untuk digantikan. Pengganti sudah seharusnya lebih muda dan lebih baik. 

Tahun 2024 juga akan terjadi suksesi di negeri ini. Presiden Jokowi sendiri tidak bisa maju lagi karena konstitusi hanya memberikan kesempatan dua kali saja. Dan Jokowi sudah yang kedua kalinya. 

Harus bersiap siap menggantikan Jokowi sebagai presiden. Harus bersiap siap memimpin negara dengan jumlah penduduk yang nyaris 300 juta jiwa. 

Pemimpin yang baik bukanlah pemimpin karbitan. Pemimpin yang baik harus sudah teruji. Pemimpin yang baik harus berani merangkak. Dari tingkat yang paling bawah. 

Ujian akan mendorong seorang pemimpin naik dan naik lagi posisi nya.  Ibaratnya, seorang bupati atau wali kota yang berhasil dalam memimpin kota atau kabupaten nya, yang berhak menuju kursi gubernur. Gubernur yang mampu membawa provinsi nya lebih baik selama kepemimpinan nya yang berhak maju mencalonkan diri menjadi presiden. 

Jangan sampai kita memilih calon gubernur yang pernah gagal menjadi bupati atau walikota. Jangan juga kita memilih calon presiden yang jelas jelas sudah gagal ketika menjadi gubernur. 

Ya, seorang menteri bukan jabatan politik yang teruji.  Seorang menteri hanyalah orang yang ditunjuk. Kadang-kadang mereka tak mampu untuk melakukan itu, akan tetapi karena punya daya tawar tinggi sehingga bisa mendapatkan kursi tersebut. 

Kembali ke laptop. 

Calon presiden pengganti Jokowi memang seharusnya gubernur atau bekas gubernur yang berhasil membangun provinsi yang dipimpin nya.  Dari sekian gubernur di negeri ini, siapa saja yang layak muncul menuju kepemimpinan nasional? 

Sesuai dengan urutan foto, pertama, Anies Baswedan. Pernah muncar nama nya ketika diangkat menjadi mendiknas dalam kabinet Jokowi. Keberhasilan dalam program seperti "guru mengajar" memang layak diapresiasi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x