Saat pandemi Covid-19 menyebar diseluruh belahan dunia termasuk di Indonesia, seluruh aktivitas yang kita lakukan menjadi terbatasi demi mencegah penyebaran virus corona yang ada di setiap negara terutama Indonesia. Oleh karena itu setiap sektor yang ada menjalani aktivitas pekerjaan maupun pembelajaran dari rumah termasuk sektor Pendidikan. Pembelajaran di tengah pandemi seperti ini tidak secara langsung atau bertatap muka, melainkan Kementrian Pendidikan telah mengeluarkan kebijakan dengan mengubah sistem pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring (dalam jaringan/ online), hingga ada surat edaran yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Direktorat Pendidikan Tinggi No.1 Tahun 2020.
Kebijakan yang dikeluarkan tersebut membuat pembelajaran yang dilakukan disekolah maupun perguruan tinggi yang ada di Indonesia harus dilakukan secara daring untuk menyikapi pandemi Covid-19 yang mana telah terjadi di seluruh dunia. Dengan pembelajaran yang dilakukan secara daring tentu memiliki dampak tersendiri, sebab pembelajaran yang biasanya dilakukan secara bertatap muka didalam ruangan dengan dilengkapi fasilitas-fasilitas yang ada sekarang harus dilakukan dengan jarak dan melalui media teknologi pembelajaran komunikasi dan informasi.
Pada bulan juli 2021 ini, UPI mengadakan kegiatan KKN yang menggunakan metode online. Dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-Tematik) yang dilaksanakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia ini mempunyai salah satu program utama yaitu Membangun Desa Melalui Bidang Pendidikan Pada Situasi Pandemi Covid-19, program ini dilakukan untuk mencegah atau meminimalisir acaman negatif pada situasi pandemi Covid-19 ini terutama ancaman negatif pada bidang pendidikan.
Mahasiswa upi diharapkan terjun ke masyarakat ataupun sekolah, dengan tujuan membantu dalam meningkatkan pendidikan di masa pandemik seperti ini. Para mahasiswa tidak hanya membantu dalam pengajaran, tetapi para mahasiswa juga membantu pada bagian administrasi sekolah dan juga dalam membuat media pembelajaran menjadi lebih menarik.
Kegiatan yang dilaksanakan diantaranya memberikan materi edukasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia berupa Power Point dan membantu para siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Dan juga memberikan pengetahuan kepada guru terkait media pembelajaran yang bisa digunakan saat pembelajaran daring.
Aplikasi yang digunakan guru saat ini untuk menunjang pembelajaran masih sangat minim. Whatsapp dan Google Classroom menjadi sarana utama pada pembelajaran jarak jauh yang mudah diakses dan dimengerti oleh siswa. Keterbatasan dalam pembelajaran jarak jauh yang dirasakan dan diamati dipengaruhi oleh faktor banyak siswa yang sulit untuk  mengakses pada internet, baik dari segi alat komunikasinya yaitu handphone, atau yang menjadi penghubung seperti kuota dan sinyal.
Dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, sehingga berdampak pula pada kemajuan media pembelajaran yang digunakan sekarang ini meskipun dengan penanaman yang berbedabeda (Yaumi, 2018). Banyak sekali teknologi media pembelajaran yang berbentuk platform yang digunakan disetiap instansi pendidikan, pada tingkat sekolah maupun di perguruan tinggi untuk mengefektifkan proses pembelajaran yang dilakukan. Seperti Google Classroom, E-learning, YouTube, WAG, Edmodo, Zoom, Googlemeet dan platform lainnya yang mampu menjadi penunjang fasilitas belajar dari rumah. Setiap platform yang digunakan tentu memiliki kekurangan serta kelebihan yang dimiliki pada saat digunakan untuk proses pembelajaran.
Karena itu, diharapkan dengan terjunnya mahasiswa upi dalam rangka KKN ini dapat meningkatkan pendidikan serta mengembangkan pendidikan daring di masa pandemik ini dengan lebih banyaknya media pembelejaran yang menarik dan dapat digunakan membuat siswa lebih bersemangat dalam belajar.
Oleh : Mochamad Permana Sidik_1803875_Pendidikan Teknik Bangunan
DPL : Dr. Surdiniaty Ugelta M.Kes. AIFO