Mohon tunggu...
mochamad luthfi
mochamad luthfi Mohon Tunggu... Content Writer SEO Specialist

Content Writer Netizentimes

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Review Samsung S21 Plus Sebelum Anda Membelinya

24 Maret 2021   11:40 Diperbarui: 24 Maret 2021   11:54 382 5 1 Mohon Tunggu...

Mochamad Luthfi - Selama beberapa tahun terakhir, Tipe Galaxy S andalan Samsung telah dipecah menjadi tiga varian. Pada varian S21 sebagai smartphone terbarunya, ada tipe Ultra untuk varian paling tinggi, S21 saja untuk varian paling rendah dan Samsung S21 Plus sebagai anak tengah yang kadang diabaikan.

Setelah saya menggunakannya selama kurang lebih sebulan. Ini tidak sekuat S21 Ultra, tetapi untuk faktor desain, kualitas pembuatan, dan fitur lainnya di pasar smartphone ini jauh lebih baik.

Unboxing & Desain Samsung S21 Plus

S21 Plus adalah jalan tengah dalam jajaran Samsung terbaru. Dengan harga yang cukup mahal, memiliki layar 6,2 inci dan bagian belakang terbuat dari kaca. Sedangkan untuk versi Ultra, Anda akan mendapat layar 6,8 inci, bagian belakang terbuat dari kaca, dan kamera yang lebih baik.

S21 Plus berbagi banyak elemen desain dengan anggota keluarga S21 lainnya, yang paling menonjol adalah tonjolan pada kamera belakang dan kamera depan yang berada di tengah. Sensor kamera S21 Plus tidak berubah dari tahun lalu, tetapi bentuk fisik modul kamera berbeda, menyatu secara mulus dengan frame aluminium.

Menurut saya, modul kamera terasa lebih menyatu dengan desain. Pasti banyak dari Anda yang menyukai desainnya ini, meskipun itu membuat beberapa casing menjadi sedikit kurang aman. Setting kamera yang biasa saja pada S21 Plus juga tidak terlalu mengganggu keseimbangan ponsel.

Kualitas build Samsung sangat dekat dengan iPhone, dan S21 Plus adalah contoh terbaiknya. Mungkin Anda berpikir S21 Plus lebih baik karena memiliki kamera lebih baik dan baterai yang lebih besar meskipun sama-sama besar dan berat.

Kenyataannya S21 Plus lebih ramping dan lebih nyaman saat digenggam. Full layar penuh dengan bezel lebih tipis dan hampir 30g lebih ringan dari versi Ultra. Layarnya hanya 0,1 inci lebih kecil, dan itu adalah panel OLED yang datar sedangkan versi Ultra sedikit melengkung.

Resolusi layar memang turun ke 1080p vs 1440p pada Ultra, tetapi kejernihan, kecerahan, dan warna semuanya masih sangat baik dibandingkan dengan ponsel lain untuk harga yang sama. Dikutip dari Dorangadget.com, terdapat fingerprint ultrasonik baru di bawah layar OLED, dan seperti versi Ultra, ini jauh lebih cepat dan lebih akurat daripada sensor lama Samsung.

Performa akhirnya naik dengan sensor kapasitif. Hanya dengan satu ketukan cepat, dan ponsel langsung terbuka. Jika diberi pilihan, saya lebih suka sensor ultrasonik baru daripada sensor optik. Karena layar tidak harus meningkatkan kecerahan di ruangan gelap untuk memindai sidik jari Anda.

Panel belakang pada S21 Plus terbuat dari kaca seperti S21 Ultra. Baby S21 memiliki punggung plastik polikarbonat, dan meskipun itu plastik yang sangat bagus, masih tidak terasa sekuat kaca matte Samsung. Kombinasi bagian belakang kaca, bodi yang lebih tipis dan bobot yang lebih rendah menjadikan S21 Plus nyaman digunakan sehari-hari.

Software, Performa dan Baterai

Samsung membuat beberapa peningkatan penting tahun ini, tetapi itu masih OneUI. Itu berarti Anda akan memiliki banyak aplikasi Samsung, beberapa bloatware, dan beberapa iklan yang mungkin tidak ingin Anda lihat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN