Mohon tunggu...
MOCHAMAD AJIPERMANA
MOCHAMAD AJIPERMANA Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

mahasiwa prodi pendidikan kepelatihan olahraga Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Menjaga Kebersihan dengan Mencuci Tangan Setelah Beraktivitas

9 Agustus 2022   03:00 Diperbarui: 9 Agustus 2022   03:02 93 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Kebersihan merupakan hal yang utama dan paling penting dalam menjaga kesehatan, terlebih jika kita selalu beraktifitas diluar ruangan yang sudah pasti akan banyak sangat bakteri dan kuman yang menempel ditubuh kita. Lembaga, seperti Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)), telah menetapkan rekomendasi pencegahan yang harus dilakukan setiap manusia.
Salah satunya adalah dengan cara mencuci tangan. Mencuci tangan merupakan salah satu hal yang sangat penting. Banyak sekali tagline mengenai cuci tangan. Bahkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyebutkan, bahwa mencuci tangan dapat menyelamatkan nyawa. Seberapa pentingkah mencuci tangan?Tangan merupakan anggota tubuh yang sering sekali kita gunakan untuk menyentuh benda-benda lain. Sehingga tidak jarang kuman-kuman penyebab penyakit menempel di tangan dan menyebabkan penyakit. Sebut saja diare, demam tifoid (tipes), hepatitis, COVID-19, dan masih banyak jenis infeksi lainnya. Dengan alasan-alasan tersebut, kini kita telah mengetahui alasan kenapa kebersihan tangan Anda menjadi sangat penting bagi kesehatan. WHO telah menyediakan 6 langkah ideal dalam mencuci tangan, yaitu dimulai dengan menggosokkan telapak tangan, bagian belakang tangan, sela-sela jari, bagian bawah kuku, bagian jempol, dan telapak jari. Oleh karena itu, alasan pentingnya mencuci tangan ini seharusnya sudah disadari oleh banyak orang.Terutama dalam mencegah berbagai bakteri dan virus. Riset juga membuktikan, pekerja yang rutin mencuci tangan dan menjaga kebersihan diri 20 persen lebih kecil risikonya untuk jatuh sakit, dengan demikian kita harus benar-benar mempraktikan rutinitas ini sebaik mungkin.
Menurut Centers for Disease Control and Prevention(CDC) dan Kementrian Kesehatan, berikut adalah saat-saat kita perlu mencuci tangan: Sebelum, saat, dan sesudah menyiapkan makanan, sebelum dan setelah mengasuh seseorang yang sakit di rumah, setelah buang air, setelah batuk atau bersin, setelah menyentuh sampah, setelah beraktivitas seperti mengetik, menyentuh uang, hewan atau binatang, berkebun Sangat dianjurkan untuk mencuci tangan selama 20 detik, Bila tidak terdapat sabun dan air mengalir,Dengan melakukan hal yang mudah ini, Anda dapat mencegah infeksi virus pada diri sendiri, orang sekitar, dan bahkan komunitas seperti keluarga dan tempat kerja. Setiap hari Anda beraktivitas, ingatlah untuk selalu mencuci tangan pada saat yang tepat dengan benar sehingga Anda terhindar dari infeksi virus.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan