Mohon tunggu...
Moch. Fajar Sidhiq
Moch. Fajar Sidhiq Mohon Tunggu... 21 tahun, Mahasiswa Psikologi

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa(PMM) 53 Universitas Muhammadiyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mahasiswa Mengajak Anak-anak TPQ Mencuci Tangan dengan Langkah Sehat

29 September 2020   09:09 Diperbarui: 29 September 2020   09:18 9 1 0 Mohon Tunggu...

Batu(26/09/20). Meskipun kegiatan sekolah saat ini dilakukan secara online. Kegiatan belajar agama tidak ditinggalkan oleh anak-anak TPQ Al-Fattah di jalan Indragiri gang 8 Desa Sumberejo, Kecamatan Batu, Kota Batu untuk tetap dilakukan meski ditengah pandemi saat ini. Dengan jumlah 30 lebih anak yang selalu belajar bersama 3 pengajar. Oleh karena itu, penting dalam menjaga kebersihan diri dengan mencuci tangan agar bersih ketika berada di TPQ dan ketika berada di lingkungan bermain.

Kegiatan TPQ Al-Fattah yang didatangi oleh mahasiswa PMM53 dari Universitas Muhammadiyah Malang pada hari sabtu(26/09/20) pukul 16.00 WIB, dengan tujuan untuk memberikan pembelajaran bagaimana cara mencuci tangan dengan benar dan manfaat mencuci tangan. Kegiatan diawal dengan materi manfaat dari mencuci tangan dengan benar dan dampak buruk mencuci tangan dengan salah. 

Beberapa anak mengatakan bahwa mereka hanya mencuci antar telapak dan punggung tangan saja, padahal dari materi yang diberikan terdapat 6 langkah sehat dalam mencuci tangan. Pertama dengan menggosok kedua telapak tangan, kemudian kedua punggung tangan, sela-sela jari, lekukan jari dengan kedua tangan membentuk huruf S, memutar ibu jari dengan digenggam tangan satunya, dan membersihkan kuku dengan membentuk jari seperti kerucut dan diusap ditelapak tangan satunya.

Kegiatan dilakukan sekitar 1 jam, dan terlihat anak-anak asik dan ramai ketika praktek bersama mencuci tangan dengan 6 langkah sehat. "Biasanya anak-anak disini mencuci hanya sebentar pokoknya basah dan itupun kalo mau makan, jadi kalo ada langkah begini mungkin anak-anak bisa lebih bersih lagi dalam mencuci tangan", tutur Bu Mudi salah satu pengajar di TPQ Al-Fattah.

"Ini tadi beneran ramai dan mereka berdesakan untuk bisa melihat saya mencuci tangan dari dekat, tapi dengan semangat adek-adek tadi mungkin 6 langkah sehat ini bisa rutin dilakukan saat beraktivitas", ucap salah satu mahasiswa.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x