Mohon tunggu...
mmirza nushrilwalid
mmirza nushrilwalid Mohon Tunggu... Mahasiswa - XIXIXIXI

POIUYTREWQ

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kesadaran dan Manajemen Diri: Happines, Joy, & Sadnes

9 Desember 2022   20:00 Diperbarui: 9 Desember 2022   20:05 60
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kali ini kita akan membahas mengenai self-management. Netbeans adalah proses dimana khan mengarahkan sendiri perubahan tingkah lakunya dan strategi terapeutik atau beberapa kombinasi strategi 27 dari sak manajemen ini agar individu secara teliti dapat menempatkan diri dalam situasi-situasi yang menghambat tingkah laku yang mereka hendak hilangkan dan belajar untuk mencegah timbulnya perilaku atau masalah yang tidak dikehendakinya.

Dalam arti individu dapat mengelola pikiran perasaan dan perbuatan mereka sehingga mendorong pada penginderaan terhadap hal-hal yang tidak baik dan meningkatkan hal-hal yang baik dan benar pada dasarnya saat manajemen ini merupakan salah satu penerapan teori modifikasi perilaku yaitu gabungan dari ngehe berisik dan kognitif sosial ala2 beberapa teknik yang dapat digunakan pada beberapa masalah terkait dengan diri sendiri 

dimana tingkah laku dapat diubah berdasarkan kemauan sendiri self-management Ini juga dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar mengontrol berat badan mengurangi kebiasaan merokok kebiasaan belajar yang buruk kecemasan Dan dapat juga mengurangi kebiasaan perkataan yang negatif tak ada beberapa juga prinsip dari soft manajemen ini .

yang pertama ada save regulation individu cenderung menjadi waspada ketika perilaku mereka mendatangkan konsekuensi yang tidak diharapkan yang kedua ada self-control gimana individu tetap memiliki komitmen dan menjalankan program perubahan perilaku meskipun di salah satu sisi di video mengalami konsekuensi yang tidak mengenakkan bagi diri dia yang terakhir adalah safety on dimana individu percaya bahwa dirinya bertanggung jawab atas terjadinya sesuatu dan yakin kesuksesan diraih karena kemampuan personalnya.

kemudian apa sih kendala-kendala dari staf manajemen ini kendala-kendalanya diantaranya bisa tidak ada motivasi dan komitmen yang tinggi pada individu terus bisa juga target perilaku seringkali bersifat pribadi dan persepsinya sangat subjektif terkadang sulit dideskripsikan sehingga konselor sulit untuk menemukan cara memonitor dan mengevaluasi nya kemudian bisa juga lingkunga sekitar dan keadaan diri individu di masa mendatang sering tidak dapat diatur dan diprediksi dan bersifat Kompleks selanjutnya individu bersifat independent .

kemudian bisa juga karena konselor memaksakan program pada konselingnya dan yang terakhir bisa juga kena tidak ada dukungan dari lingkungan kesadaran seseorang untuk membuat perilaku lebih baik itu biasanya memang sulit wuihhh kita dapat mengubahnya melalui teknik stagnan ini caranya untuk melakukan teknik smash Man Ini pertama dapat melakukan pemantauan diri dan pengamatan misalnya memantau kegiatan sehari-hari perilaku apa aja yang telah kita amati kemudian melakukan pengamatan dengan cara mencatat perilaku-perilaku yang ingin diubah perilaku-perilaku yang ingin ditingkatkan. 

Terus yang kedua mengimplementasikan strategi pengendalian diri seperti perencanaan lingkungan atau pemberian tugas misalnya perencanaan lingkungan ini melibatkan memodifikasi keadaan yang mendahului atau menimbulkan suatu tingkah laku melalui perencanaan lingkungan seseorang perencanaan lingkungan melibatkan memodifikasi keadaan.

yang mendahului atau menimbulkan suatu tingkah laku melalui perencanaan lingkungan seseorang akan belajar mengenali dan modifikasi tingkah laku nah perencanaan lingkungan ini mencakup lingkungan keluarga konseling lingkungan sekolah dan lingkungan kegiatan dan tidak selamanya lingkungan memberikan dukungan terhadap strategi pengendalian diri yang dilakukan oleh konseling .

Oleh karena itu biasanya konseli dibantu oleh konselor untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan kegagalan modifikasi lingkungan misalnya memikirkan kompensasi kompensasi yang akan dilakukan jika tidak berhasil dalam menjalankan strategi awal kemudian bisa juga meminta tolong kepada orang yang terdekat misalnya teman guru untuk selalu membantu konseli dalam menjalankan strategi pengubahan tingkahlaku yang ia jalani.

yang terakhir adalah pemrograman seperti kelola internal yaitu softlens portman dan kritik diri dan konsekuensi eksternalnya yaitu kontrak pribadi dan pemberian hak-hak istimewa pada diri sendiri. Semoga penjelasan diatas dapat berguna bagi kita semua terima kasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun