Mohon tunggu...
M Mirzal Dipa
M Mirzal Dipa Mohon Tunggu... Freelancer - Digital Musketeers

MBA Student at President University

Selanjutnya

Tutup

Money

Menentukan Objective Sebelum Memulai Digital Campaign

8 Maret 2021   13:46 Diperbarui: 8 Maret 2021   14:16 168
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Source: www.pexels.com

Situasi pandemi sekarang ini membuat kita harus belajar adaptasi secepat mungkin dengan keadaan. Kita ingat bahwa pada saat awal pandemi masuk ke Indonesia, pemerintah menerapkan peraturan yang membatasi pergerakan masyarakat. 

Terbatasnya kegiatan masyarakat membuat banyak pelaku usaha pusing bagaimana mendatangkan pendapatan jika tidak ada konsumen yang datang ke toko mereka. Salah satu masalah yang dihadapi oleh SME Indonesia adalah kebanyakan dari SME ini masih menggunakan offline marketing sebagai sarana promosi mereka.

Untuk mengatasi permasalahan ini salah satu solusi yang dapat dilakukan adalah dengan mengoptimalkan penggunaan digital marketing sebagai sarana untuk mempromosikan produk SME tersebut. Banyak dari SME di Indonesia memiliki pemahaman yang kurang tepat mengenai digital marketing ataupun menerapkan strategi yang salah ketika menjalankan digital marketing.

Artikel ini akan membahas hal dasar apa saja yang butuh diperjelas ketika kita ingin memulai digital campaign.

Dalam digital marketing kita harus menentukan objective awal sebelum kita memulai campaign di dunia digital. Objective ini umumnya terbagi tiga yaitu: Awareness Campaign, Consideration Campaign and Conversion Campaign.

Awareness (Top Funnel)

Secara simple pada tahap ini adalah bagaimana cara kita bisa mendapatkan exposure sebanyak mungkin agar digital presence atas produk kita bisa muncul di dunia maya. Jadi audience harus tau terlebih dahulu kalau produk kita eksis. Data yang kita dapatkan pada tahap ini dapat menjadi dasar kita untuk tahap selanjutnya.

Consideration (Mid Funnel)

Pada tahap ini audience mulai menikmati konten-konten yang kita sajikan, mereka akan meluangkan waktu lebih banyak untuk meng-explore website maupun social media yang kita miliki. Untuk tahap ini posisikan diri kita sebagai audience ketika pembuatan konten dan jangan lupa untuk menyesuaikan data yang didapatkan di awareness campaign.

Conversion (Bottom Funnel)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun