Mohon tunggu...
M. Jojo Rahardjo
M. Jojo Rahardjo Mohon Tunggu... Penulis - Maksimalkan fungsi otak hanya dalam hitungan hari.

Pakar neuroscience mendefinisikan positivity: "Sebuah kondisi di otak di mana otak bekerja maksimal, sehingga otak lebih cerdas, kreatif, inovatif, analitis, mampu memecahkan masalah, tahan terhadap tekanan dan mudah lepas dari depresi, fisik lebih segar, immune system membaik, dan lebih cenderung berbuat kebajikan". ______________________________________________________________________________ Tulisan M. Jojo Rahardjo tentang positivity atau positive psychology bisa dibaca juga di beberapa akun medsos.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Ciri Psikopat pada Sambo?

6 November 2022   13:02 Diperbarui: 7 November 2022   09:53 333
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar: Ferdy Sambo (kompas.tv)

Psychopathy sering didefinisikan begini: Bentuk yang ekstrim dari AntiSocial Personality Disorder (ASPD). Orang dengan ciri psychopath memiliki kecenderungan yang besar untuk melakukan kekerasan, pelanggaran hukum, dan tindakan yang impulsif (spontan, dan tidak mengikuti rancangan hidup jangka panjangnya, jika ada), tidak memiliki kemampuan untuk memahami nilai salah & benar, atau merasakan penderitaan orang lain (empathy), termasuk merasakan kebutuhan & hak orang lain (baca di sini: 20 Sign of a Psychopath: Traits & Characteristics).

Psychopathy adalah personality disorder. Psychopathy bukan psychosis yang dalam bahasa Indonesia sering disebut secara gampangan: gila. Mereka yang memiliki ciri psychopath bisa diadili jika melakukan pelanggaran hukum, sedang psychosis tidak tidak diadili, karena otaknya "kusut". Tentu saja ahli kejiwaan diperlukan untuk menyatakan seorang adalah memiliki ciri psychopath atau psychosis.

Pengetahuan tentang psychopathy tentu saja berguna bagi setiap orang agar bisa mulus dalam menjalani hidup. Kita menjadi tahu apakah di sekitar kita apakah ada orang dengan ciri psychopath yang merugikan atau berbahaya. Pengetahuan ini tentu saja juga berguna dalam kehidupan bernegara, karena kita tentu tidak ingin posisi strategis di pemerintahan dipimpin oleh orang dengan ciri psychopath yang berbahaya.

Gambar: https://www.psychiatry.org/psychiatrists/practice/dsm
Gambar: https://www.psychiatry.org/psychiatrists/practice/dsm
Psychopathy berasal dari bahasa Yunani. Psyche artinya jiwa, dan pathos yang artinya menderita (penyakit). Kata psychopath sudah muncul sejak tahun 1885, namun The Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders, 5th edition (DSM-5) tidak memuat kata psychopath sebagai diagnosa klinis. Dunia psychiatry menyebut orang dengan ciri psychopath dengan sebutan: AntiSocial Personality Disorder. Kata antisocial sering disalahpahami oleh masyarakat awam sebagai orang yang menghindari berbagai social concept, seperti menyendiri, enggan berbagi dengan orang lain, padahal seharusnya orang yang memiliki kecenderungan untuk melawan, menentang, bahkan "merusak" orang lain, masyarakat, dan aturannya, atau yang berkaitan dengan itu (baca di sini: What Is a Psychopath?).

Selain psychopath, ada satu lagi sebutan yang akhir-akhir ini populer di berbagai media, yaitu Dark Triad Personality yang merupakan gabungan dari 3 personalities sekaligus: psychopathy, narcissism, machiavellism. Tentu ini personality yang paling berbahaya bagi masyarakat. Jika kita pelajari apa saja ciri-ciri dari Dark Triad Personality ini, maka kita bisa melihat ciri itu bisa ada di politisi, spiritualis, penegak hukum, pemimpin daerah (seperti gubernur), dan lain-lain.

Apa yang menjadi penyebab dari psychopathy atau ASPD lainnya, seperti sociopathy, narcissism? Setidaknya ada 2, yaitu lingkungan (pengaruh keluarga dan sekitarnya), dan keturunan (baca di sini: What Causes Psychopathy?). Namun demikian ada orang dengan ciri psychopathy yang terkena pengaruh lingkungan yang baik, maka ia bisa tumbuh tanpa memberikan kerugian yang berarti bagi orang-orang di sekitarnya. Sementara itu Ted Bundy, Jeffrey Dahmer (2 orang serial killer), dan lainnya tumbuh menjadi ancaman serius bagi orang di sekitarnya, karena saat kecil ia tumbuh dengan lingkungan yang buruk. Mereka membunuh banyak orang hanya dalam dalam periode waktu yang pendek saja, yaitu dalam periode remaja mereka dan beberapa tahun setelah itu. Ted Bundy diduga membunuh hingga hampir 100 orang di Amerika. Sedangkan Jeffrey Dahmer 17 orang. Aksi pembunuhan berantai mereka terhenti, karena mereka tertangkap.

Otak para psikopat ternyata memiliki perbedaan dengan otak orang normal. Bahkan baru-baru ini sebuah riset menemukan volume satu bagian otak yang disebut striatum, ternyata lebih besar daripada otak orang normal. Para ahli masih terus meneliti apakah yang membuat bagian otak ini membesar pada otak psikopat (baca di sini: Scientists Have Established a Key Biological Difference Between Psychopaths and Normal People).

Ada 20 ciri psychopath yang sering disebut para ahli dalam beberapa dekade terakhir. Jika seorang memiliki sebagian besar dari ciri itu, maka ia bisa disebut sebagai seorang psychopath (baca di sini:Hare Psychopathy Checklist).


Gambar: https://www.researchgate.net/figure/Corrected-item-total-correlations-and-descriptive-statistics-for-each-Hare-Psychopathy_tbl2_236137602
Gambar: https://www.researchgate.net/figure/Corrected-item-total-correlations-and-descriptive-statistics-for-each-Hare-Psychopathy_tbl2_236137602
Namun setidaknya ada 11 ciri psychopath yang utama seperti terlihat dalam gambar di bawah ini:

Gambar: https://mind.help/topic/psychopath/
Gambar: https://mind.help/topic/psychopath/

Apakah Sambo Seorang yang Memiliki Ciri Psikopat?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun