Mohon tunggu...
Misronah
Misronah Mohon Tunggu... Guru - Guru

Perempuan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Perjalanan Menuju PPG Daljab 2021

27 September 2021   10:30 Diperbarui: 27 September 2021   10:39 553
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

PPG ( Pendidikan Profesi Guru ) pendidikan bagi seorang guru untuk mendapatkan sertifikat pendidik (SERDIK). Bagi saya perjalanan menuju PPG Daljab 2021 ini penuh suka dan duka. Bermodalkan ijazah yang tidak linier mengajar disalah satu lembaga PAUD (TK) pada tahun 2010 . Pada tahun 2015 baru bisa mengikuti UKG (Uji Kompetensi Guru) dan alhamdulillah lulus. 

Saya berharap bisa mengikuti kejenjang berikutnya untuk mendapatkan Serdik yaitu lulus administrasi dan mengikuti PLPG (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru) yang sekarang berubah nama menjadi PPG. Harapan saya sirna karena dengan ijazah yang tidak linier belum bisa mengikuti PLPG.

Pada tahun 2016 akhirnya saya kuliah lagi, karena saya sudah pernah kuliah S1 jadi saya masuk kuliah transfer yang ditempuh hanya 2 tahun. Tahun 2018 saya lulus dengan gelar S.Pd AUD. Kemudian pada tahun 2019 saya mengikuti pretest . Alhamdulillah dengan penantian yang cukup lama tahun 2021 dinyatakan lulus pretest dan terpanggil mengikuti PPG Daljab tahun 2021 .

PPG Daljab 2021 ini dilaksanakan secara daring karena adanya pandemi. Tidak terbayangkan oleh saya mengikuti PPG Daljab 2021 secara daring karena saya tidak pandai IT. Perasaan senang , takut , cemas bercampur menjadi satu , apakah bisa saya mengikuti PPG  full daring ini. Bismillah dengan dukungan dan semangat dari keluarga dan teman-teman akhirnya saya sampai ke tahap PPL.

Ilmu dan pengalaman yang saya dapatkaan di PPG ini sangatlah banyak . Pertama saya mendapatkan pengalaman tentang IT yaitu melalui gmeet yang mengharuskan kita bisa presentasi dengan cara share screen dan menampilkan youtube di presentasi tersebut.

Pengalaman yang kedua kita mendapatkan ilmu bagaimana membuat perangkat pembelajaran yang berbeda dengan praktek mengajar kita sehari-hari disekolah yaitu dengan pendekatan STEAM dan HOTS. 

pengalaman yang selanjutnya mendapat dosen pembimbing dan dosen pamong yang baik hati yang selalu memberikan ilmunya kepada mahasiswa PPG. 

Dan pengalaman yang tidak terlupakan adalah kita mendapat tenan- teman baru dari berbagai daerah. Walaupun kita hanya bertatap maya tetapi kita sudah seperti saudara.

Demikianlah perjalanan saya menuju PPG Daljab 2021 semoga dengan ilmu dan pengalaman yang saya dapatkan diPPG ini dapat diterapkan di lembaga saya sehingga anak akan menjadi lebih kreatif berpikir tingkat tinggi untuk menjadi generasi penerus yang bermanfaat bagi nusa bangsa yang berakhlakul karimah.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun