Setiap organisasi selalu melakukan kegiatan ptomosi untuk memberitahukan eksistensi organisasi yang dikelolanya kepada pihak eksternal & stakeholder. Ada berbagai jenis promosi yang kerap dilakukan oleh berbagai organisasi baik yang secara terang-terangan maupun secara sembunyi-sembunyi/terselubung. Ada bebberapa alasan mengapa harus melakukan Promosi, yaitu :
1. Mendorong niat konsumen untuk membeli produk yang dihasilkan & ditawarkan oleh perusahaan.
2. Menginformasikan kepada konsumen mengenai keberadaan produk yang dihasilkan perusahaan
3. Memperkenalkan cara/metoder menggunakan produk
4. Memberitahukan perubahan harga kepada konsumen
5. Menjelaskan kinerja dari suatru produk yang dihasilkan perusahaan
6. Meluruskan kesan yang keliru dan negatif terhadap produk
7. Mengurangi ketakutan dan kekuatiran pembeli.
8. Membangun citra yang baik di mata konsumen
9. Mengalihkan pilihan merek tertentu
10. Mengubah persepsi pelanggan terhadap atribut produk