Mohon tunggu...
Mishally Octavia Safitri
Mishally Octavia Safitri Mohon Tunggu... Mahasiswa - UIN MALANG

Ingin menjadi hulk

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Ada Loh Kehidupan Masyarakat yang Paling Diharapkan oleh Beberapa Wilayah

28 November 2022   00:53 Diperbarui: 28 November 2022   00:57 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Tentu saja sebagai seorang makhluk, kita memiliki sebuah kehidupan. Kehidupan dari seorang manusia adalah bermasyarakat di sebuah wilayah. 

Dalam satu wilayah tentu saja memiliki visi dan misi untuk membangun kehidupan bermasyarakatnya. Tidak lain tentu saja kehidupan yang diinginkan adalah aman, damai, tentram, dan jauh dari masalah. 

Akan tetapi, hal tersebut tidak dapat diwujudkan jika hanya kita sendiri yang berjuang. Kehidupan diartikan sebagai sekumpulan dari beberapa orang yang hidup bersama di suatu wilayah dan memiliki tujuan utama yang akan direalisasikan oleh seorang pemimpin dan pengikutnya. Jadi kita juga butuh koordinasi dan kerjasama. 

Membutuhkan seorang pemimpin yang cakap dan patut dijadikan sebagai contoh. Sedangkan yang lainnya menjadi seseorang yang harus mengikuti arahan dari seorang pemimpin. Tentu saja kembali lagi setiap orang pasti beragam, salah satunya dari segi kepribadian atau watak. 

Apabila didapati seorang pengikutnya memiliki kepribadian yang keras dan sulit untuk diarahkan, kita sebagai seorang pemimpin harus memiliki solusi bagaimana cara menyelesaikan sebuah hal yang menjadi penyebab terjadinya masalah.

Maka dari itu, pasti setiap makhluk di beberapa wilayah mengharapkan koordinasi antara seorang pemimpin dan masyarakatnya bergerak dalam persatuan dan kesatuan yang artinya memiliki satu tujuan bersama dan juga proses melewatinya dengan persetujuan bersama atau mufakat. 

Ada loh sebutannya untuk masyarakat yang memiliki sifat seperti itu? Apa sih namanya? Namanya adalah Masyarakat Madani atau bisa disebut civil society. Dimana sifat dari masyarakat tersebut memiliki adab dalam membangun, memaknai, dan menjalani kehidupannya. 

Artinya kehidupannya memiliki sistem sosial yang subur. Dimana sistem tersebut didasarkan pada prinsip moral yang dapat menjamin keseimbangan antara kestabilan masyarakat dan kebebasan individunya. Setiap masyarakat melakukan apa yang menjadi kewajibannya sebagai makhluk sosial dengan baik dan tentu saja akan mendapatkan feedback yang baik pula dari kehidupan lingkungannya.

Kenapa masyarakat Madani disebut sebagai makhluk dengan kehidupan yang diinginkan oleh pemimpin di beberapa wilayah? Karena tentu saja setiap wilayah memiliki sifat dari orang-orang yang berbeda pula. Maka bila masyarakat Madani adalah jenis masyarakat yang baik akan segala ketentuan yang ada. Menaati segala peraturan, melaksanakan kewajiban dengan taat, dan selalu introspeksi diri akan kesalahan yang dilakukan serta mau menerima hukuman atau risiko dari perbuatan yang memang dilarang oleh aturan.

Bagaimana kita bisa mengetahui seseorang tersebut dapat dikategorikan sebagai masyarakat Madani? Jadi ciri-ciri dari masyarakat tersebut yang pertama ialah menjungjung tinggi nilai dimana setiap makhluknya berpegang teguh pada nilai agama dan norma-norma hukum di wilayah yang ditempati. 

Yang kedua, memiliki peradaban yang tinggi. Tentu saja setiap orang diwajibkan memiliki tata krama dan sopan santun tidak hanya kepada sesama manusia, tapi juga kepada Allah SWT. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun