Mohon tunggu...
Muzamil Misbah
Muzamil Misbah Mohon Tunggu... Freelancer - Orang biasa yang gemar baca buku, makan dan jalan-jalan

Lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang (UM)

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Investasi SBN Vs Deposito: Mengapa Pajak Bunga Rendah Menjadi Pilihan Bijak?

29 Mei 2023   09:54 Diperbarui: 29 Mei 2023   10:14 137
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi investasi sumber : Istock / MicroSctockHub


Surat Berharga Negara (SBN) dan deposito merupakan dua instrumen investasi yang populer di kalangan masyarakat. Pajak bunga SBN yang rendah sekitar 10% menjadi alasan utama mengapa banyak orang berebut mendapatkan SBN, terutama jika dibandingkan dengan pajak bunga deposito yang sebesar 20%. Pada Kesempatan ini saya akan menjelaskan mengapa perbedaan pajak bunga tersebut menjadi faktor kunci dalam menarik minat masyarakat terhadap SBN.

Perbedaan Pajak Bunga SBN dan Deposito

1. Pajak Bunga SBN yang Rendah

Salah satu keuntungan utama dari SBN adalah pajak bunga yang rendah, umumnya sekitar 10%. Pajak bunga yang rendah ini berarti bahwa penghasilan yang diperoleh dari investasi SBN akan dikenai pajak yang lebih rendah atau bahkan bebas pajak. Hal ini secara signifikan meningkatkan pendapatan bersih yang diperoleh investor dari bunga SBN, sehingga menjadi daya tarik utama.

2. Pajak Bunga Deposito yang Tinggi

Di sisi lain, pajak bunga deposito umumnya lebih tinggi, seringkali mencapai 20%. Ketika bunga yang dihasilkan dari deposito bank dikenai pajak yang tinggi, penghasilan bersih yang diperoleh investor akan berkurang secara signifikan. Pajak yang lebih tinggi ini dapat mengurangi keuntungan finansial yang diperoleh dari deposito, sehingga membuat SBN dengan pajak bunga rendah menjadi lebih menarik bagi investor.

Alasan Utama Banyak Orang Memilih SBN

1. Keuntungan Finansial yang Lebih Tinggi

Perbedaan pajak bunga SBN dan deposito menjadi faktor penting bagi para investor yang mencari keuntungan finansial yang optimal. Dengan pajak bunga rendah, SBN dapat memberikan pendapatan bersih yang lebih tinggi dibandingkan deposito. Hal ini membuat SBN menjadi pilihan yang menarik bagi mereka yang ingin memaksimalkan potensi keuntungan mereka dalam investasi.

2. Diversifikasi Portofolio

Selain keuntungan finansial, pajak bunga SBN yang rendah juga mendorong diversifikasi portofolio investasi. Dalam upaya mengurangi risiko dan meningkatkan potensi keuntungan jangka panjang, investor seringkali mencari berbagai jenis instrumen investasi. Pajak bunga rendah pada SBN memungkinkan investor untuk memperoleh manfaat diversifikasi tanpa membebani penghasilan mereka dengan pajak yang tinggi.

3. Keamanan dan Keandalan

Selain keuntungan keuangan, SBN juga dianggap sebagai instrumen investasi yang aman dan andal. Kepercayaan yang tinggi terhadap pemerintah dalam membayar kembali utangnya membuat SBN menjadi pilihan yang menarik bagi investor yang mencari keamanan investasi jangka panjang. Dalam hal ini, pajak bunga rendah pada SBN menjadi tambahan keuntungan karena investor dapat mengoptimalkan pendapatan mereka dengan beban pajak yang lebih rendah.

4. Meningkatkan Aksesibilitas

Pajak bunga SBN yang rendah juga dapat meningkatkan aksesibilitas investasi bagi masyarakat luas. Dengan pajak bunga deposito yang lebih tinggi, beberapa orang mungkin menganggap bahwa investasi tersebut tidak terjangkau atau tidak memberikan keuntungan yang sebanding dengan beban pajak yang harus mereka bayar. Dalam hal ini, pajak bunga SBN yang rendah menjadi faktor penting yang mendorong banyak orang untuk menginvestasikan dananya dalam SBN.

5. Kontribusi untuk Pembangunan Nasional

Selain keuntungan individu, investasi dalam SBN juga memberikan kontribusi terhadap pembangunan nasional. Dana yang diperoleh dari penjualan SBN digunakan untuk mendanai proyek-proyek pembangunan negara. Dengan memilih SBN, investor turut serta dalam mendukung pembangunan infrastruktur, pendidikan, dan sektor-sektor penting lainnya.

Kesimpulan

Pajak bunga SBN yang rendah sekitar 10% menjadi alasan utama mengapa banyak orang berebut mendapatkan SBN, terutama jika dibandingkan dengan pajak bunga deposito yang tinggi sebesar 20%. Keuntungan finansial yang lebih tinggi, diversifikasi portofolio, dan kontribusi terhadap pembangunan nasional adalah beberapa faktor yang membuat SBN menjadi pilihan yang menarik bagi investor. Pemerintah perlu mempertahankan kebijakan yang mendukung pajak bunga SBN yang rendah untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan ekonomi negara dan investasi yang berkelanjutan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun