Mohon tunggu...
Misbah Murad
Misbah Murad Mohon Tunggu... "Tidak ada sekolah menulis; yang ada hanyalah orang berbagi pengalaman menulis."- Pepih Nugraha, Manager Kompasiana. chanel you tube misbahuddin moerad

"Tidak ada sekolah menulis; yang ada hanyalah orang berbagi pengalaman menulis."- Pepih Nugraha, Manager Kompasiana. chanel you tube misbahuddin moerad

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Jangan Takut Memulai Kerja Sampingan

19 Maret 2020   09:14 Diperbarui: 19 Maret 2020   09:22 38 8 2 Mohon Tunggu...

Bekerja menggunakan grab

Secara iseng saya pagi ini ingin bekerja menuju kantor menggunakan grab, membuka aplikasi dan menentukan tujuan serta menetapkan posisi penjemputan, dalam hitungan detik, sudah ada yang siap untuk menjemput saya, tidak lama ada telepon masuk dari pengemudi grab, dia menanyakan posisi saya tepatnya dan memohon saya menunggu sebentar sekitar lima menit dia akan menjemput saya.

Benar sekali sekitar lima menit dia baru tepat berada di depan rumah saya, dia menanyakan nama saya dan tujuan saya, saya langsung naik, saya melihat dia menggunakan seragam salah satu kantor swasta sepertinya, iseng saya bertanya, kerja dimana?, dia menyebut sebuah nama kantor dan kalau tidak salah kantor itu searah dengan kantor saya.

Saya tanya apa tidak menggangu pekerjaan kantor dengan kerja sampingan sebagai pengemudi grab, dia mengatakan tidak ada gangguan, saya mengambil penumpang yang kebetulan satu arah ke kantor dan kalau pulang mengambil yang satu arah dengan saya pulang, paling kalau hari libur kalau tidak ada kegiatan saya kerja sampingan tambahnya, lumayan buat pengganti uang bensin saya, lanjutnya lagi.

Biaya hidup saat ini memang sangat tinggi, membuat orang banyak mencari kerja sampingan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, kerja sampingan adalah pekerjaan lain yang kita lakukan diluar pekerjaan utama yang bertujuan untuk menambah penghasilan. Saat ini kerja sampingan bisa kita bagi menjadi dua yaitu kerja sampingan secara offline dan secara online.

Secara online

Kalau kita klik di website "kerja sampingan online 2020" maka banyak sekali yang menjanjikan dengan penghasilan ada yang Rp, 200.000,- sehari ada yang Rp. 60.000,- sehari dan banyak lagi pekerjaan-pekerjaan yang bisa dilakukan secara online, termasuk bapak pengemudi grab tadi yang saya tumpangi.

Menjalankan pekerjaan secara online tidak mewajibkan kita untuk menyewa tempat tertentu, internet yang kencang sudah cukup sebagai modal utama, modal juga hampir tidak ada, kalau adapun cukup kecil sebagai modal awal, dunia online dan seluruh apa yang ada didalamnya cukup sebagai platform yang kuat untuk bisnis kita.

Secara offline

Kerja sampingan secara offline misal kita mebuka warung kecil-kecilan di rumah atau depan rumah, yang kita buka setelah kita pulang kerja, atau kita menggaji seseorang untuk bertugas menjaga, kita hanya mencek saja saat kita pulang kerja atau saat kita tidak bekerja, menjual pulsa elektronik, atau membuka agent travel, dan banyak lagi jenis usaha-usaha yang anda bisa lakukan secara offline, sekali lagi untuk membuka wawasan silahkan anda mencari di internet, pilih pekerjaan sampingan yang bisa langsung anda awasi dan anda pahami dengan baik, agar tidak mengecewakan anda sendiri.

Manfaat kerja sampingan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN