Mohon tunggu...
Misbah Murad
Misbah Murad Mohon Tunggu... "Tidak ada sekolah menulis; yang ada hanyalah orang berbagi pengalaman menulis."- Pepih Nugraha, Manager Kompasiana. chanel you tube misbahuddin moerad

"Tidak ada sekolah menulis; yang ada hanyalah orang berbagi pengalaman menulis."- Pepih Nugraha, Manager Kompasiana. chanel you tube misbahuddin moerad

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

BPJS Kesehatan SATU

18 Desember 2019   09:00 Diperbarui: 18 Desember 2019   09:08 64 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
BPJS Kesehatan SATU
dokpri, materisosialisasi BPJS

BPJS SATU (BPJS KESEHATAN SIAP MEMBANTU)

Saat ini kalau kita berkunjung Ke Rumah Sakit baik Rumah Sakit Swasta maupun Pemerintah, kita akan melihat petugas BPJS Kesehatan yang menggunakan rompi berwarna kuning, mereka adalah petugas dari BPJS Kesehatan yang siap membantu para pesertanya yang akan mendapatkan pelayanan kesehatan di Rumah Sakit tersebut.

Sebelum adanya BPJS SATU kita mengenal namanya PPP di Rumah Sakit, BPJS Kesehatan untuk menjawab dan meningkatkan pelayanan kepada peserta maka dibentuklah BPJS SATU.

Apa itu staf PPP di Rumah Sakit.

Penanganan Pengaduan Peserta di Rumah Sakit bertugas antara lain :

  • Memberikan layanan informasi dan pengaduan peserta di Rumah Sakit baik secara langsung maupun melalui petugas Rumah Sakit.
  • Melakukan customer visit kepada peserta JKN-KIS dan meminta feed back kepuasan peserta melalui format berbasis digital (dilakukan dengan metode sampling).  Melakukan customer visit kepada peserta yang menyampaikan pengaduan.
  • Melakukan sosialisasi kepada petugas Rumah Sakit terkait kebijakan dan regulasi kepesertaan peserta JKN-KIS.
  • Melakukan koordinasi dengan petugas Rumah Sakit maupun Kantor Cabang dalam penanganan pengaduan peserta.
  • Memonitor eskalasi permintaan informasi atau pengaduan dari dan untuk Kantor Cabang melalui aplikasi SIPP.

Apa itu BPJS SATU

dokpri, materi sosialisasi BPJS
dokpri, materi sosialisasi BPJS
BPJS Satu merupakan optimalisasi peran petugas Penanganan Pengaduan Peserta di Rumah Sakit (P3RS) melalui Re- Branding Pengelolaan pemberian informasi dan penanganan pengaduan yang terintegrasi dengan pengelolaan informasi dan Pengaduan Rumah Sakit, dengan menekankan pada :
  • Kepastian Kehadiran Petugas PPPRS di Rumah Sakit
  • Penyediaan perlengkapan khusus berupa rompi bertuliskan BPJS SATU
  • BPJS SATU di emplementasikan mulai tanggal 9 Desember 2019.

Apa saja layanan BPJS Satu

BPJS Satu memiliki tugas

  • Memberikan informasi yang dibutuhkan oleh peserta, terkait pelayanan dan lain-lain di Rumah Sakit.
  • Menerima, memberikan solusi dan menangani terkait pengaduan dari peserta.
  • Menerima pendaftaran bayi baru lahir peserta PBPU dan PPU
  • Menginformasikan terkait denda pelayanan
  • Pengecekan status kepesertaan

dokpri, materi sosialisasi BPJS
dokpri, materi sosialisasi BPJS
Hasil survey tahun 2018 pelayanan di Rumah Sakit

BPJS Kesehatan terus berbenah diri untuk meningkatkan pelayanan kepada peserta, karena dari hasil survey yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan pada tahun 2018 dengan mengambil sampling untuk Rawat Jalan sebanyak 2.587 responden dan untuk Rawat Inap sebanyak 2.588 responden.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x