Mohon tunggu...
Misbah Murad
Misbah Murad Mohon Tunggu... "Tidak ada sekolah menulis; yang ada hanyalah orang berbagi pengalaman menulis."- Pepih Nugraha, Manager Kompasiana. chanel you tube misbahuddin moerad

"Tidak ada sekolah menulis; yang ada hanyalah orang berbagi pengalaman menulis."- Pepih Nugraha, Manager Kompasiana. chanel you tube misbahuddin moerad

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Surat Tuhan Seharga 41 Milyar

17 Februari 2019   06:59 Diperbarui: 17 Februari 2019   07:03 497 12 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Surat Tuhan Seharga 41 Milyar
Sumber Foto, Cristie's. Amplop

Ialah seorang Albert Einstein yang lahir pada tanggal 14 Maret 1879 dan wafat pada tanggal 18 April 1955, dia di akui oleh dunia sebagai ilmuwan terbesar dalam abad ke-20. Kecerdasan tokoh fisika didunia ini yang telah mempengaruhi jutaan bahkan miliaran manusia dalam berfikir dan menemukan hal-hal yang baru, Dialah orang yang pertama yang menemukan teori relativitas yang telah banyak menyumbang pengembangan mekanika kuantum, mekanika statistik, dan kosmologi.

Penghargaan-penghargaan yang pernah di raih oleh Einstein antara lain, Hadiah Nobel Fisika (1921), Medali Matteucci (1921), Medali Copley (1925), Medali Max Plancik (1929) dan majalah Time memberikan penghargaan Tokoh Time Abad ini (1999).

Sumber Foto : Criestie's. Halaman satu
Sumber Foto : Criestie's. Halaman satu
Adapun tesis yang dibuat oleh Einstein dengan judul  Eine neue Bestimmung der Molekldimensionen (A New Determination of Molecular Dimensions) (1905)

Albert Einstein seperti kita ketahui adalah seorang Yahudi, ia tidak mempercayai tuhan, ini ia tuangkan dalam surat yang ditulisnya untuk penulis Eric Gutkind pada 3 Januari 1954. Satu tahun sebelum kematinnya, tulisan itupun disebut sebagai "Surat Tuhan".

Sumber Foto : Cristie's. Halaman dua
Sumber Foto : Cristie's. Halaman dua
"Kata Tuhan bagi saya tidak berarti apa-apa selain merupakan ekspresi dan buah dari kelemahan manusia, Injil berisi kisah-kisah yang mulia tapi tetap saja merupakan legenda yang primitif." Kata Einstein.

Surat ini Einstein buat setelah ia membaca buku Choose Life : The Biblical Call to Revolt karya Eric Gutkind yang diterbitkan pada tahun 1952.

Beberapa tahun yang lalu surat Einsten yang di tulis dalam bahasa Jerman ini laku terjual mencapai USD 2,89 Juta atau sekitar 41 miliar, sebagai mana yang tercantum pada situs resmi rumah lelang Christie's.

Saya jadi menghayal, andai saja saya nanti menjadi orang terkenal, di Indonesia saja, kemudian saya membuat tulisan di kompasiana, setelah saya meninggal, kompasiana melelang tulisan saya, kira-kira laku berapa milyar ya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x